Selama 14 Hari Polda DIY Ringkus 26 Tersangka Curas

share on:
Para tersangka curas di wilayah DIY yang berhasil diiringkus jajaran Direskrimum Polda DIY dalam Operasi Curas Progo 2020 || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Jajaran Direktoral Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda DIY berhasil mengungkap 19 kasus pencurian dengan kekersan (curas) dan mengamankan 26 tersangkanya. Pengungkapan kasus ini dilakukan melalui Operasi Curas Progo 2020 yang berlangsung selama 14 hari, sejak 12-25 Agustus 2020.

Direskrimim Polda DIY Kombes Pol Burhan Rudy Satri mengungkapkan, sebanyak 18 dari 26 tersangka itu merupakan target operasi (TO). Mereka melakukan aksinya di sejumlah tempat yang tidak sepi seperti trafficlight maupun tempat-tempat belanja.

“Ada yang menjambret dan merampas. Korbannya kebanyakan perempuan dan emak-emak yang sedang belanja, menyapu. Sasarannya perhiasan, handphone, tas dan sepeda motor. Ada diantaranya korban yang mengalami luka akibat kekerasan tersangka,” ungkap Burhan, di Mapolda DIY, Kamis (27/8/2020).

Modus mereka memang bukan hal baru. Termasuk dalam perampasan sepeda motor, tersangka ada yang langsung melakukan pencegatan dan ada pula yang pura-pura menolong korban. Kebanyakan terjadi pada pukul 00.00-06.30.

Selain menangkap tersangka, polisi juha mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 9 unit sepeda motor, 15 unit handphone, 5 unit senjata tajam, uang tunai Rp 1.310.000, jaket, dompet, celana, helm dan masker.

Burhan mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat membawa tas, ponsel, perhiasan sehingga tidak memancing dan mengundang kejahatan.

“Para tersangka masih kami periksa intensif, masih dikembangkan terkait kemungkinan melakukan kejahatan di lain tempat. Mereka kami kenai Pasal 365 KUHP,” pungkas Burhan. (Agn)

 

 

 

 


share on: