Raafi Ramadhan Juara 1 Lomba Mendongeng Tingkat Kabupaten Bantul

share on:
Para juara mendongeng tingkat Kabupaten Bantul || YP-Mufti

Yogyapos.com (BANTUL) - Muhammad Raafi Ramadhan Wibowo meraih Juara I Lomba Mendongeng Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2020. Siswa SD 1 Palbapang ini mengungguli raihan nilai empat finalis lainnya dalam lomba yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bantul. Penampilan dan aksinya menyajikan cerita ‘Mbok Rondo Bintaran dan Lurah Cakrajaya’ mampu memukau dewan juri sehingga memberikan nilai tertinggi kepadanya.

Kepala Bidang Pelayanan Dispusip Bantul, Dra Suprihastuti MM, mengungkapkan rasa syukurnya mengingat lomba digelar pada masa pandemi Covid-19. Meskipun demikian, pelaksanaan lomba berjalan baik dan lancar mematuhi protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah. Di tahap akhir, para finalis tetap antusias dan semangat membawakan ceritanya masing-masing.

“Tahap final sudah terlaksana 17 Juni kemarin dan semua finalis sudah pasti memperoleh gelar juara. Sedangkan peringkat 1 dan 2 kami kirimkan mengikuti lomba di tingkat provinsi yang akan berlangsung bulan Juli mendatang,” ujarnya saat ditemui yogyapos.com, Kamis (18/06/2020), di Gedung  Perpustakan Daerah Bantul.

Perempuan berjilbab ini menuturkan, dua orang yang dikirim mengikuti lomba tingkat provinsi sebelumnya diberikan training terlebih dahulu. Pihaknya telah mengagendakan semacam pelatihan selama beberapa hari, sekaligus menyiapkan tentor atau pelatih berkompeten di bidangnya. Pelatih dari praktisi ini siap memberikan pembekalan guna melengkapi berbagai kekurangan pada penampilan mereka kemarin.

“Kami akan berikan bekal pada dua orang juara sebelum mereka berlaga, mengingat atmosfir di tingkat provinsi tentu jauh berbeda dengan kabupaten. Semoga training yang kami agendakan ini nanti dapat melengkapi kekurangan saat final kemarin sebagaimana masukan dewan juri, serta menjadi motivasi agar tetap mantap meraih prestasi,” harapnya.

Sementara itu, Evi Idawati, selaku Ketua Dewan Juri berpesan kepada para pembimbing supaya mengarahkan anak asuhannya memaksimalkan seluruh anggota tubuh untuk menguasai panggung. Menurutnya, panggung bisa dibaratkan sebagai arena bermain bagi anak. Seluruh bagiannya boleh dimanfaatkan sehingga anak tidak membawakan cerita secara kaku atau tekstual, apalagi bila ada properti sebagai pendukung penampilan.

“Kunci utamanya ada pada pembimbing anak. Seorang pembimbing harus mampu menuliskan naskah cerita dengan cara berbeda atau merekonstruksi ulang sebuah cerita bernuansa permainan, sehingga  penyajiannya di atas panggung juga berbeda,” kata sastrawan, penulis novel dan pemain teater ini.

Dia mengajak pada para pembimbing membangun cerita dengan cara baru berdasarkan karakter anak-anak. Hal itu dilakukan guna mengembangkan imajinasi sehingga anak menemukan sesuatu yang baru dari cerita yang sudah ada. Sebagaimana arahan Perpustakaan Nasional, cerita berkarakter anak mestinya jauh dari adegan percintaan maupun pembunuhan.

“Karena itulah rekonstruksi sebuah cerita diperlukan yang disesuaikan karakter dan gaya anak-anak. Misalnya mengemas cerita dibalut nuansa komedi sehingga jauh dari kesan percintaan maupun pembunuhan,” jelasnya.

Berdasarkan penampilan dan raihan nilai para finalis Lomba Mendongeng Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2020, dewan juri menetapkan:

Juara I, Muhammad Raafi Ramadhan Wibowo - SD 1 Palbapang Bantul, Judul cerita: Mbok Rondo Bintaran dan Lurah Cakrajaya, nilai 1790

Juara II, Hanafi Hidayat – SD Jomblangan Banguntapan, Judul  cerita: Legenda Yogyakarta, nilai 1620

Juara III, Regitha Aprilia Cahya Ningsih – MIN 2 Bantul, Judul cerita: Asal Mula Gunung Merapi, nilai 1606

Juara Harapan I, Fadhil Hanif Rahmatullah Abror – MI Ma’arif Giriloyo I, Judul cerita: Roro Jonggrang, nilai 1566

Juara Harapan II, Permata Amalia Tibeli – SD Pakis Dlingo, Judul cerita: Jaka Kendil, nilai 1539

Para juara berhak mendapat hadiah tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan. Hadiah diserahkan oleh Kepala Dispusip Bantul, Kepala Bidang Pelayanan, serta dewan juri  disaksikan sejumlah pejabat struktural dan fungsional, serta pembimbing maupun para pendamping.

Sebagaimana diberitakan media ini, Kamis (11/06/2020), tahap penyisihan lomba mendongeng sudah dilaksanakan pada Senin-Kamis, 8-11 Juni 2020, bertempat di lantai 3, ruang Sasana Widya Parwa, Perpustakaan Daerah Bantul. (Muf)

 


share on: