PT KE Siap Realisasi Hak Normatif 220 Mantan Pekerjanya

share on:
Dari kiri: Ashadi Eko P SH MH, Totok Sugiyanto SH, Agus Setiawan, Endang Riwayatin SE dan Syaiful Anam SH MH dalam pertemuan di Pajangan Bantu, Senin (16/11/2020) || YP-Ismet

Yogyapos.com (BANTUL) – Manajemen PT Kharisma Eksport (PT KE) menyatakan kesiapannya memberkan hak-hak normatif mantan pekerjanya berjumlah 220 orang, menyusul kesepakan bersama yang pernah dilakukan pada 21 Juli 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Kuasa Hukum PT KE, Syaiful Anam SH SpN MH dalam pertemuan dengan Tim Kuasa Hukum para mantan pekerja Totok Sugiyanto SH dan Ashadi Eko Prihwijiyanto SH LLM, di Pajangan Bantul, Senin (16/11/2020). Turut hadir dalam pertemuan tersebut Direktur PT KE Endang Riwayatin SE, Ketua SBI Agus Setiawan dan Sekretarisnya Wahyudi Prasetyo.

PT KE sebelumnya memang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja kepada para pekerjanya, karena imbas perekonomian global yang. Bahkan kemudian disusul pandemi Covid-19, sehingga kini menghentikan produksinya.

Meski demikian manajemen tetap berupaya maksimal memenuhi kewajibannya memberikan hak-hak normatif para bekas pekerjanya. Hal ini dilakukan secara musyawarah, hingga menerbitkan kesepakatan bersama yang ditandatangani kedua belah pihak.

“Persoalan mendasar jika ada gelombang PHK, tentu kami penuhi hak-hak normatif pekerja yang terkena PHK. Dan alhamdulillah ini semua sudah kami upayakan. Bahkan pelaksanaannya telah direalisasi sejak Juli yang lalu secara bertahap sampai batas akhir Desember nanti,” jelas Syaiful Anam yang dibenarkan Agus Setiawan dari SBI maupun Totok Sugiyanto.

Sementara itu, advokat senior Totok Sugiyanto SH menyatakan sebenarnya di luar itu ada hak Hari Tua yang akan dibicarakan. Tapi yang pasti hak normatif yang baru direalisasi berupa upah dan Tunjangan Hari Raya, masing-masing sebecar Rp 415 juta dan Rp 260 juta.

“Meski deadlinenya Desember, tapi kami berharap untuk upah dan THR itu bisa terealisasi sebelum batas akhir perjanjian bersama,” ujarnya, sedikit tersenyum. (Met/Supardi) 

 

 

 

 


share on: