PPKM Turun Level, Omzet Artugo Meningkat Pesat

share on:
Branch Manager Artugo Area Yogyakarta, Ainur Yani (kiri) didampingi Wakil Direktur UFO Yogyakarta Cindy Harianto Poedji saat memberikan penjelasan tentang keunggulan Artugo, Kamis (7/10/2021) || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Penurunan Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Level 4 ke Level 3 di Yogyakarta dan sekitarnya berdampak positip terhadap penjualan peralatan rumah tangga. Hal itu seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dalam berwira usaha terutama usaha bidang kuliner. 

Branch Manager Artugo Area Yogyakarta, Ainur Yani mengungkapkan selama 6 bulan terakhir produknya mengalami peningkatan omzet antara 10  hingga 15 persen. Peningkatan itu terdapat pada peralatan memasak seperti kompor gas, freezer dan oven. 

“Penjualan yang terbesar pada peralatan kompor. Bahkan, beberapa bulan ini mampu mengalahkan penjualan freezer yang tahun lalu memegang rekor,”  ujar Yani usai Diskusi Kewirausahaan bertema ’UMKM Lokal Go Digital’ yang berlangsung di UFO Elektronik, Jalan Magelang Km 4, Sleman Yogyakarta, Kamis (7/10/2021).

Jika dilihat dari sisi persebaran wilayah, penjualan Artugo Area Purwokerto lebih banyak dibandingkan dengan Yogyakarta. Pihaknya menduga, karena kebijakan PPKM di Purwokerto lebih longgar dibanding dengan Yogyakarta, sehingga disana pemulihan ekonomi lebih cepat. Hal itu ditunjukkan dengan naiknya penjualan produk disemua lini. Sedangkan untuk wilayah Yogyakarta,pada saat kebijakan diperketat penjualan produk diakui sempat menurun. Oleh karena itu seiring dengan penurunan kebijakan PPKM dari Level 4 ke Level 3, sekarang ini Artugo mengoptimalkan promosi dengan merangkul sejumlah roko elektronik dan UMKM. Selain itu, Artugo juga meningkatkan promosi online melalui beberapa marketplace .

Di beberapa toko elektronik, Artugo  menggelar pameran produk serta diskon produk besar-besaran sementara promo untuk UMKM dilakukan melalui penjualan langsung  dan demo peralatan ke beberapa wilayah. Untuk bulan ini, Artugo menggelar pameran  di 19 cabang UFO Elektronik diseluruh Indonesia termasuk UFO Elektronik Yogyakarta. 

Selain itu, terobosan langsung ke UMKM ini merupakan strategi jemput bola, agar konsumen dapat melihat langsung keunggulan produk Artugo. Cara ini terbukti sangat efektif dan terbukti mampu meningkatkan penjualan beberapa produk seperti kompor gas, oven dan chopper.

Sementara itu, Wakil Direktur UFO Elektronik Yogyakarta Cindy Harianto Poedji mengungkapkan, pelonggaran PPKM dari Level 4 ke Level 3 ini berdampak dengan peningkatan pengunjung ke UFO Elektronik. Secara tidak langsung, kondisi tersebut juga berdampak terhadap peningkatan  omzet penjualan. Namun, hal itu juga tak terlepas dengan  sejumlah  kemudahan yang diberikan UFO terhadap pengunjung seperti cashback, layanan gratis ongkir serta kemudahan kredit barang . 

“Meski kita juga melayani penjualan online, untuk Jogja masih di dominasi penjualan offline. Kalau dibandingkan ya  Sebab, calon konsumen bisa lihat dan mencoba barang secara langsung di toko. Kalau di online kan hanya lihat gambarnya saja,” ujar Cindy.

Cindy menduga peningkatan penjualan offline selain factor kebiasaan, juga pengaruh sales dalam memberikan edukasi terhadap calon konsumen. Sebab untuk produk-produk baru, biasanya keputusan membeli barang juga terpengaruh dari edukasi yang diberikan sales force di toko. (*/Sulistyawan Dibyosuwarno).

 


share on: