PPKM Level 4, Para Pedagang Pasar Pulang Lebih Awal

share on:
Pasar Bantul yang nampak lengang berbarengan PPKM Level 4 || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Sejak perpanjangan Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 21 Juli 2021 sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bantul nampak sepi di siang hingga malam hari. Banyak diantara para pedagang yang biasanya bekerja hinga sore hari, kini hanya sampai pukul 13.00 WIB.

Mujiyah (56) dan Widaningih (49), keduanya pedagang sembako di Bantul, menuturkan, padagang tutup awal waktu karena jumlah pembelinya berkurang. Diantara mereka juga banyak mengurangi jumlah volume dagangannya. 

“Mungkin kemampuan keuangan mereka baik yang masyarakat umum dan pedagang yang berkulakan juga melemah karena pengaruh situasai perekonomian pada pandemi Covid-19,” tutur Mujiyah. 

Sementara itu, suasana di Pasar Imogiri Bantul masih mormal. Namun sebagian besar juga tutup awal. Alasannya sebagaimana yang diungkapkan Jamhuri (pedagang sayuran), bahwa meski stok dagangan cukup, namun pemasarannya berkurang. Maka sebagian mereka terpaksa juga tutup awal. 

Sedangkan puluhan pedagang sate kambing jalan Imogiri Timur juga banyak yang tutup karena  terkait Idul Adha. Dimana masyarakat banyak yang mempunyai daging quban. Sehingga mereka sementara waktu tidak membeli sate. (Supardi)


share on: