Polisi Tangkap 4 Tersangka Narkoba, Sita Shabu dan Ribuan Pil Koplo

share on:
Para tersangka dan barang bukti diamankan Ditres Narkoba Polda DIY || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Direktorat Reserse (Ditres) Narkoba Polda DIY berhasil membongkar jaringan narkoba secara online yang dikirim via jasa pengiriman paket (ekspedisi). Keempat tersangka yakni RA (23), BP (24), KD (20) dan LW (25) ditahan di Mapolda DIY. Sedangkan barang bukti yang berhasil diamankan antara lain, tembakau Gorilla 6,48 gram, shabu-shabu 22,7 gram dan pil Trirexpenidyl 2.300 butir.

Kombes Pol Jamaludin Farti selaku Direktur Reserse Narkoba Polda DIY menjelaskan, dua tersangka masih berstatus mahasiswa dan dua tersangka lain pekerja swasta.

“Mereka menjual siap edar dalam paket-paket kecil. Dijual secara online, transaksi tidak bertemu langsung. Namun dikirimkan melalui jasa pengiriman paket. Di wilayah hukum DIY, ganja dan tembakau gorilla menjadi primadona. Selain harganya terjangkau, pemasarannya juga mudah,” ujar Kombes Pol Jamaludin, di Mapolda DIY Senin (22/6/2020).

Penangkapan keempat tersangka ini berawal dari monitoring petugas yang melakukan pengecekan di sejumlah jasa pengiriman paket. Petugas lantas menemukan sejumlah paket mencurigakan. Ketika dibuka isinya antara lain pil, shabu dan tembakau gorilla. Melalui keterangan karyawan pengiriman paket, petugas pun menelesuri pengirim paket narkoba tersebut. Dan berhasil meringkus keempat tersangka.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menambahkan, jaringan narkoba sekarang menjualnya secara online, tanpa bertatap muka. Dan menggunakan jasa pengiriman paket. “Petugas kami di lapangan selalu melakukan koordinasi dengan sejumlah jasa pengiriman paket, untuk memutus rantai peredaran narkoba di wilayah DIY. Keempat tersangka kami jerat dengan Pasat 112 ayat 2 atau 127 ayat 1 huruf a UU RI No 35 Tahun 2009 tentang psikotropika, dengan ancaman penjara paling singkat 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara,” tandas Kombes Yuliyanto. (Dol)

 

 

 


share on: