Polisi Buru Pencuri Lempengan Diorama Tugu Yogya

share on:
Di tempat inilah lempengan tembaga diorama Tugu raib diembat pencuri || YP/Fadholy  

Yogyapos.com (YOGYA) - Aparat Polsek Jetis terus memburu pelaku pencurian terkait hilangnya miniatur lempengan tembaga sumbu imajiner di kawasan Tugu Pal Putih, sepanjang 96 cm. Lokasi berada persis di samping timur Pospol Tugu.

Kapolsek Jetis AKP Bayu Dewasto kepada yogyapos.com Kamis (26/3) mengaku Tim Reskrim Polsek Jetis sudah melakukan olah TKP dan kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

“Kami belum tahu pasti kapan hilangnya lempengan tembaga tersebut. Namun kami mendapat informasi pada Rabu (25/3) dinihari. Besar kemungkinan pelaku mencuri malam hari saat keadaan sepi. Apalagi sekarang ini sedang ada wabah Corona,” kata AKP Bayu.

AKP Bayu menjelaskan, lokasi miniatur yang tepat berada di samping Pospol Tugu tidak menjamin barang tersebut aman dari target pencuri. Penjagaannya juga tidak 24 jam. Pihaknya pun saat ini belum menerima laporan dari dinas terkait.

“Belum ada laporan masuk dari Dinas Kebudayaan DIY. Mungkin juga bisa langsung melapor ke Polresta Yogyakarta. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga fasilitas publik dan melakukan pengawasan yang optimal,” imbuhnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Dinas Kebudayaan DIY, Erlina Hidayati membenarkan kejadian hilangnya lempeng tembaga tersebut. “Iya benar, ada yang mencuri dua buah lempengan tembaga sebagai simbol sumbu filosofis. Kemungkinan hilangnya lempengan tersebut pada saat keadaan sekitar sepi dari pengunjung akibat dari pembatasan warga karena corona,” ujarnya.

Erlina mengaku pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke Polresta Yogyakarta, untuk kemudian dilanjutkan ke Polsek Jetis sebagai otoritas lokasi kejadian. “Kami berharap pelaku segera mungkin ditangkap. Biar pihak berwajib yang menyelesaikan, bisa terungkap dari cctv disekitar kawasan,” tandas Erlina. (Dol)

 

 


share on: