Plt Dirut PD Aneka Dharma Optimis Perusahaannya Sanggup Bayar Utang

share on:
Sudut gedung PD Aneka Dharma yang tampak kusam || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Dalam kondisi kembang kempis karena merugi, PD Aneka Dharma Bantul bertekad melunasi hutang-hutangnya kepada Pemkab Bantul atau pihak lain. Tekad ini ditunjukkan dengan telah berlangsungnya cara penataan secara internal dan mengembangkan usaha yang dinilai prospektif.

Plt Dirut PD Aneka Dharma, Helmi Jamharis mengatakan, perusahaan BUMD yang dipimpinnya saat ini memang masih mempunyai tanggungan hutang Rp 100 juta lebih. “Sekitar 3 bulan lalu hutangnya lebih dari Rp 200 juta. Tapi kami bertekad untuk sanggup melunasi hutan tersebut,” kata Helmi kepada yogyapos.com, Jumat (11/12/2020).

Helmi yang juga menjabat sebagai Sekda Bantul, menargetkan hutang pada triwulan pertama 2021 hutangnya sudah nol persen. Triwulan kedua akan normal dan bisa mengembangkan usaha.

Cara yang akan ditempuh adalah dengan mengembangkan usaha ke aneka usaha yang sekiranya menguntungakan untuk dimasukkan ke Pendapapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bantul.

Selama ini PD Aneka Dharma bergerak bidang usaha foto copy, percetakan dan penyediaan alat pembersih. Namun seringkali mengalami kerugian. Peenyebabnya dalam berbisnis hanya berdasarkan perkiraaan-perkiraan yang kurang didasari dengan penelitian yang matang dan akurat.

Peyebab lainnya bahwa pihak-pihak yang melakukan kerjasama dengan perusahaan ini tidak jelas sistem keuangannya. Bahkan keberadaannya tidak menentu.

“Maka kini saya terpaksa mengambil alih jabatan Direkturnya untuk menata PD tersebut di masa mendatang. Dengan cara ini diharapkan perusahaan ini nantinya bisa bidup sebagaimana yang diharapkan oleh Pemkab Bantul,” ujar Helmi yang belum lama menggantikan direktur utama.

Dijelaskan, karena kondisi perusahaan seperti itu, maka kini jumlah karyawannnya terpaksa hanya belasan orang agar pengeluaran tidak terlalu besar. (Supardi)

 


share on: