Pilkada 2024, PPK Tempel Siapkan 148 Petugas Pantarlih

share on:
PPS pelaku peserta koordinasi persiapan pelantikan Pantarlih se Kapanewon Tempel Sleman || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) – Menuju Pilkada serentak 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tempel Kabupaten Sleman sedang menyiapkan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman.

Kepala Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat PPK Tempel, Aji Sadewo, mengungkapkan berdasarkan jadwal pembentukan, Pantarlih terpilih sudah ditetapkan pada 23 Juni  2024.

BACA JUGA: Jagabaya Kalurahan Caturtunggal Dituntut Penjara 7,5 Tahun, Advokat Nofrizal akan Ajukan Pledoi

“Setelah pengumuman penetapannya sudah dilakukan hari Sabtu ini. Untuk itu kelengkapan kebutuhan pelantikan diantaranya berita acara dan surat keputusan penetapan Pantarlih harus sudah disiapkan,” ujar Aji disela rapat koordinasi persiapan pelantikan Pantarlih dengan PPS se Kapanewon Tempel, Sabtu (22/6/2024). 

Suasana rapat koordinasi PPK Tempel dan PPS || YP-Ist

Aji menjelaskan, terkait teknis pelantikan dan apel Pantarlih diagendakan pada Senin 24  Juni 2024, diselenggarakan di masing-masing desa/kalurahan.

BACA JUGA: Lektol Inf Afrizal Rakhman Jabat Danyon 403/WP, Sertijab Dipimpin Danrem 072/Pmk

Sedangkan, Ketua Divisi Data dan Informasi Heru Krisdiantara mengatakan, sebelum Pantarlih melaksanakan Coklit harus mengikuti Bimtek tentang penyusunan daftar pemilih yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota dibantu oleh PPK atau PPS.

“Harapannya dengan mengikuti Bimtek, Pantarlih dapat mengetahui dan memahami terkait tugas, dan kewajiban Pantarlih," tandas Heru. 

Sesuai tahapan Pilkada tahun 2024 adalah awal dimulainya masa kerja Pantarlih. Untuk memulai kerja besok maka Pantarlih seluruh Indonesia akan dilantik oleh masing-masing PPS. Coklit dilaksanakan oleh 148 orang Pantarlih se kapanewon Tempel dengan jumlah TPS sebanyak 85 TPS tersebar di 8 Kalurahan. 

“Masa kerja Pantarlih selama 1 bulan, mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024,” pungkasnya. (Opo) 

 


share on: