Petani Ikan Sanden Butuh Perhatian Jika Terdampak Banjir

share on:
Curah hujan yang tinggi bisa meluapkan air sungai dan menggenangi kolam-kolam ikan petani di Sanden || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Para petani ikan di Kabupaten Bantul khawatir terjadi banjir di musim hujan. Karena banjir tersebut bisa merusak budidaya ikan.

Kekhawatiran itu diungkapkan oleh para petani di Bantul diantaranya Suraji warga Jetis, Dulhadi warga Sanden dan Rujito warga Bangutapan kepada anggota Komisi B DPRD Bantul, Heru Sudibyo saat monitoring budidaya ikan, di Sanden, Bantul, Kamis (12/11/2020).

“Musim hujan saat ini belum berdampak banjir. Tapi kalau banjir tentu mengakibatkan ikan di kolam hilang rerbawa arus air. Namun dimungkinkan pada saat hujan lebat berhari-hari, kemungkinan akan bisa merugikan kami para petani,” kata Suraji.

Suraji mengatakan, yang kini dilakukan oleh para petani untuk mengupayakan agar kolam ikannya selamat dari dampak banjir diantaranya meninggikan dan memperkuat banket kolam, serta mebersihkan linet (sandemi) kolam agar menjadi dalam.

“Jika nanti terjadi banjir dan petani rugi, maka diharapkan ada kepedulaian dari Pemkab Bantul kepada petani untuk memberikan bantuan bibit ikan atau pun kerugian biaya budidayanya,” harap Rujito.

Merespon hal itu, Anggota Komisi B DPRD Bantul yang juga membidangi pertanian, Heru Sudibyo saat monitoring perikanan dan memberikan bantuan pakan ikan kepada petani, menyatakan pemberian bantuan ke petani yang terkena bencana diharapkan bisa terealisasi. Harapan petani itu dinilai sangatlah wajar.

“Atensi dari Pemkab Bantul sangat diperlukan, maka saya selaku dewan akan meneruskan aspirasi panjenengan. Serta mengawal agar dana untuk membantu petani tersedia dan dialokasikan,” janji Heru Sudibyo.

Menurutnya, anggaran untuk bantuan tersebut tersedia. Bentuknya Dana Tak Terduga (DTT). Hanya saja penyalurannya dan pengunaannya harus ada keputusan Bupati. Maka apabila nantinya darurat (terjadi bencana), diharapkan Bupati membuat Keputusan untuk mencairkannya dan mengalokasikan dana itu untuk para petani ikan yang usahanya rugi akibat dampak banjir. (Supardi)

 


share on: