Perpusda Bantul Tunda Lomba Mendongeng Tingkat SD

share on:
Finalis lomba mendongeng tingkat Kabupaten Bantul 2019 || YP/Mufti

Yogyapos.com (BANTUL) - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul menunda pelaksanaan lomba mendongeng tingkat SD se-kabupaten sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Merebaknya wabah Covid-19 di tanah air menyebabkan berbagai aktivitas serta kegiatan tidak berjalan sebagaimana mestinya, baik di instansi pemerintahan maupun swasta. Terlebih keluarnya sejumlah aturan pimpinan daerah menginstruksikan agar menunda kegiatan melibatkan massa memperkuat hal tersebut.

Melalui surat pemberitahuan pengunduran lomba yang diterima yogyapos.com, Rabu (1/4/2020), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bantul, Drs Eddy Susanto mengatakan, penundaan kegiatan lomba mendongeng bagi siswa tingkat SD mengikuti Surat Edaran Gubernur DIY. Selain itu, di Bantul sendiri juga terbit aturan senada, berupa Instruksi Bupati dan Surat Edaran dari Pemerintah Kabupaten. Hal ini kemudian ditindaklanjuti pihaknya sehingga kegiatan-kegiatan pun terpaksa ditunda.

“Mohon maaf bagi sekolah yang telah mengirimkan data peserta , kegiatan lomba mendongeng untuk sementara kami undur sampai ada pemberitahuan lebih lanjut sesuai dengan instruksi pemerintah,” ujar Eddy.

Lomba mendongeng mestinya digelar 23-29 Maret kemarin, meliputi babak penyisihan dan final. Menurutnya, pelaksanaan lomba sudah mundur waktunya menjadi 6-9 April untuk babak penyisihan, sedangkan final pada 14 April 2020. Lomba akhirnya ditunda lagi mengingat adanya edaran baru dari Sekretaris Daerah tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Corona Virus Desease 19 (Covid-19).

“Kami juga memperpanjang tutupnya pelayanan perpustakaan sampai 21 April 2020 ke depan menyesuaikan instruksi Pemerintah Kabupaten sambil menunggu perkembangan berikutnya,” jelas Kepala Dinas.

Sebagaimana diberitakan media ini, Jumat (20/3/2020) bahwa Perpusda Bantul sebelumnya telah mengumumkan menutup sementara semua layana hingga 31 Maret 2020. (Muf)


share on: