Penting, Peringatan Dini di Perlintasan Kereta Api

share on:
Didit Suranto ST MT (baju putih) memberi keterangan pada media || YP-Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Dari data di Dinas Perhubungan (Dishub) DIY terkait angka kecelakaan di perlintasan kereta api, di wilayah DIY Kulonprogo menjadi daerah yang tertinggi angka kecelakaannya. Merespon data tersebut, Dishub DIY akan memasang early warning system (EWS) di setiap perlintasan sebidang.

Didit Suranto ST MT selaku Kabid Keselamatan dan Teknologi Transportasi Dishub DIY mengungkapkan, di wilayah Yogyakarta masih banyak terdapat jalur sebidang yang liar. Dalam artian tidak memiliki izin dan petugas penjaga. Sehingga, rawan akan terjadinya laka di perlintasan kereta api. “Ya, sesegara mungkin kami akan pasang EWS yang akan memberikan sinyal berupa suara yang menandakan kereta api akan melintas sekitar tiga atau lima menit lagi. Sehingga, masyarakat bisa mengetahuinya. Sosialisasi pelintasan di jalur sebidang juga dilakukan agar masyarakat bisa mematuhi tata tertib dan disiplin, ujar Didit kepada Yogyapos.com Kamis (15/10/2020).  

Lanjut Didit, tata tertib berlalu lintas di jalur sebidang dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan kecelakan di jalur kereta api. “Terlebih ketika beroperasinya kereta listrik (KRL) pada Oktober nanti. Diprediksi perjalanan lalu lintas kereta api akan semakin padat, sehingga kewaspadaan masyarakat pun juga perlu ditingkatkan,” tandasnya. (Fadholy)

 

 

 


share on: