Pengemudi Ojol Rampas 4 Smartphone

share on:
Kasat Reskrim menunjukkan tersangka dan barang bukti yang diamankan || YP-Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Seorang pengemudi ojek online (ojol), AD asal Demak Jateng diringkus Tim Opsnal Polresta Yogya karena diduga melakukan perampasan 4 unit smartphone milik wisatawan.

Kasat Reskrim Polresta Yogya AKP Riko Sanjaya mengungkapkan, penangkapan pelaku berawal dari laporan korban, Ganis Surya ke Polsek Kraton, yang menerangkan 4 unit smartphone miliknya dan rekannya telah dirampas pelaku di Alun-alun Selatan (Alkid) pada 22 Oktober sekitar jam 19.00.

“Berdasarkan laporan tersebut kami kemudian melakukan penyelidikan, dilanjut penangkapan pelaku pada 29 Oktober jam 20.00 di wilayah Gamping Sleman,” kata AKP Riko, di Mapolresta Yogya, Senin (16/11/2020).

Dijelaskan, modus yang dilakukan pelaku adalah mencari korban para remaja. Lalu korban digertak jika telah melakukan penganiayaan terhadap keponakan pelaku. Pelaku lantas merampas keempat smartphone milik korban sebagai jaminan. Namun ditunggu hingg malam hari, pelaku AD tak juga kembali. Akhirnya korban melaporkan kejadian ini ke Polsek Kraton.

“Selain 4 unit smartphone, kami juga mengamankan Honda PCX nopol H 5057 IE yang dipakai pelaku sebagai sarana kejahatan. Pelak kami jerat dengan Pasal 368 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tegasnya.

Pelaku AD adalah seorang residivis di wilayah Demak. Dan juga telah beraksi di Alun-alun Klaten, Alun-alun Sleman (Taman Denggung) dan Alun-alun Bantul(Taman Paseban) dengan modus yang serupa. Hasil kejahatan oleh pelaku dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.(Dol)

 

 

 

 

 


share on: