Pengembangan Kasus, Poleng Diduga Terlibat Pencurian Mobil

share on:
Tersangka Poleng dan mobil hasil kejahatannya || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - US (58) alias Poleng kembali terlibat dalam kasus pencurian mobil (curmob) milik pengusaha batu nisan (kijing) di wilayah Jl Kyai Mojo yang terjadi pada 23 Agustus 2019 lalu.

Pengungkapan ini adalah hasil pengembangan jajaran Unit Reskrim Polsek Tegalrejo dari kasus serupa yang dilakukan Poleng napi asimilasi asal Lapas Surakarta, yang ditangkap aparat Polsek Gondomanan pada pertengahan April lalu. 

Kapolsek Tegalrejo Kompol Eko Basunando dalam rilis kasus, Kamis (14/5) membenarkan peran Poleng yang terlibat pencurian mobil Toyota Kijang 81. “Tersangka adalah spesialis pencuri kendaraan tua. Alasannya mudah untuk dicuri dan menjualnya juga gampang. Motif pelaku untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membeli obat asma. Toyota Kijang 1981 itu digasak Poleng menggunakan kunci palsu. Aksinya terekam CCTV milik warga,” jelas Kapolsek Tegalrejo.

Mobil tersebut lalu dibawa pelaku ke Surakarta untuk dijual kepada Bagong seharga Rp 4 juta. Bagong yang telah kenal dekat dengan Poleng tidak menaruh curiga karena mobil yang dijual juga memiliki STNK.

Kompol Eko melanjutkan, proses tindak kriminal pelaku dilakukan secara bergantian. “Setelah Polsek Gondomanan baru kita akan proses hokum. Dari tangan Poleng, kami enyita satu unit mobil Toyota Kijang 1981 dan sebuah batu nisan (kijing). Pelaku kami jerat dengan Pasal 363 KUHP akibat melakukan pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun,” tandas Kompol Eko.  (Dol)

 

 


share on: