Pemlur Sendangsari Jajaki Demplot Bawang Merah

share on:
Penanaman perdana bawang merah di Sendangsari dihadiri Wabup Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pemerintah Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul menjajaki budidaya demplot bawang merah dengan mempergunakan lahan tanah pelungguh dukuh seluas 1.300 meter persegi, di Bulak Karangjati, Rabu (6/10).

Dalam penanaman perdana bawang merah ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo bersama jajaran Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul serta Forkopimkap Pajangan.   

“Demplot atau lahan percontohan seluas 1.300 meter persegi yang merupakan tanah pelungguh dukuh diupayakan oleh Gapoktan Sendangsari untuk kembali mencoba menanam bawang merah,” kata Lurah Sendangsari, Durori, dalam

laporannya.    

Ia mengatakan, sekitar tahun 1980-an di areal persawahan Kalurahan Sendangsari pernah ditanami bawang merah. Maka demplot ini merupakan baru pertama kali. Diharapkan membawa hasil dan memberikan petani pilihan jenis komoditas yang lain karena selama ini komoditas tanamannya hanya berupa padi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo, dalam sambutannya , pihaknya memberikan apresiasi atas terobosan Kalurahan Sendangsari dalam melalukan diversifikasi komoditas pertanian. 

“Pemerintah Kabupaten bersama Dinas pertanian sangat memberikan dukungan dan apresiasi, karena di sini dahulu pernah ada komoditas bawang merah dan berhasil. Semoga uji coba kembali penanaman bawang merah yang dinahkodai lurah serta didukung oleh gapoktan Sendangsari ini membawa hasil,” kata Joko. 

Diakatakan, pihaknnya mengapresiasi dan menyambut positif atas terobosan dan inovasi dengan pembuatan demplot bawang merah. Pihaknya hugs meminta kepada Dinas Pertanian untuk memberikan pendampingan khusus sehingga nantinya dapat berhasil dan membawa manfaat bagi para petani serta dapat dikembangkan yang bisa menjadi contoh bagi wilayah yang lain. (Supardi)

 

 


share on: