Pemdes Patalan Bantul Kembangkan Bumdes Melalui Aneka Usaha

share on:
Pasar klitikan jadi obyek pengembangan BUMdes || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pemerintah Desa (Pemdes) Patalan Jetis Kabupaten Bantul mengembangkan usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dengan terobosan membuka  berbagai usaha.

“Dari beberapa usaha yang dikembangkan BUMdes diantaranya, pasar klitikan (barang antik) di komplek lapangan tenis Krida Tamansari jalan Yogya-Parangtritis km 13. Ini buka pagi dan sore setiap wage maupun Pahing. Selain itu buka pagi bingga malam setiap Sabtu,” kata Lurah Desa Patalan, Sayidi Anom Jayadi, di Bantul, Senin (12/10/2020).

Menurut dia, para pedagang yang kini berdagang di tempat itu, jumlahnya ada sekitar 80 orang. Hinggi kini sistemnya masih gratis. Ini karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 maupun agar mereka tidak terbebani membayar retribusi.

Lokasi pasar itu di komplek lapangan tenis yang semula sepi dan nganggur. Namun sejak dimanfaatkan untuk pasar klitikan  menjadi relatif "regeng" (ramai). Pasar yang mulai beroperasi sejak 5 September 2020 ini, nantinnya juga akan dikembangkan dan dilengkapi dengan pusat kuliner.

Diharapkan jika nantinya pasar ini jadi maju diharapkan BUMdes Patalan bisa menggeliat sebagaimana harapan dari Pemerintah bahwa agar semua desa punya dan mampu mengembangkan BUMdes.

“Mengenai kendala yang dihadapi oleh pasar klitikan itu bahwa hingga kini belum ada atapnya, sehingga apabila hujan, para pedagang tidak bisa berdagang. Maka pada tahun 2021, rencananya Pemdes Patalan akan membangunkannya dengan mempergunakan anggaran dana desa,” tambah Sayidi.

Selain itu, kata dia, usaha lain yang juga dilakukan oleh BUMdes yaitu pengelolaan Gor yang ada di komplek Pemdes Patalan dan usaha catering.(Supardi)

 


share on: