Pameran Sketsa Zig-zag ala Martinus dan Joseph

share on:
Karya sketsa Martinus dan Joseph yang ikut dipamerkan || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Duo seniman sketsa, Martinus Dwi Marianto dan Joseph Wiyono akan menghelat pameran bertajuk ‘Sketsa Zig-zag’ pada 8-12 Juli di Miracle Prints, Jl Suryodiningratan Mantrijeron.

Mensketsa merupakan aktivitas artistik yang mengawali proses penciptaan suatu karya seni. Dalam pengertian umum, sketsa adalah rancang bangun dari sebuah karya seni. Sedangkan dalam konteks yang lebihluas, sketsa adalah catatan visual penyimpan kegelisahan, ide, inspirasi yang bersifat cepat, spontan, dan praktis.

Martinus mengatakan, sengaja mengambil tema Zig-zag lantaran merespon resonansi yang terjadi dari ke-zig-zag-an situasi saat ini.

“Bagi sketser yang sedang berpameran, zig-zag juga menjadi cara menginterpretasi bagaimana mendayagunakan waktu dan kesempatan di kesibukan jam kantor untuk berzig-zag dengan waktu dan garis masing-masing untuk menghasilkankarya sketsa,” ujarnya dalam rilis yang diterima Yogyapos.com, Rabu (8/7).

Joseph pun menambahkan, arti penting sketsa adalah ketika menjadi karya mandiri dengan kandungan nilain.

“Mayoritas sketsa merupakan buah pemikiran dan interpretasi tentang sesuatu hal yang diserap oleh si seniman atau sketser. Sketsa adalah studi mengenai sesuatu yang diimplementasikan melalui pendayagunaan garis secara efektif, akurat, dan tepat guna,” katanya.

Bentuk pameran direncanakan dalam bentuk formal/manual dan virtual. Format manual dengan cara memajang karya di galeri dengan mengadopsi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Sedanghkan format pameran virtual dilaksanakan dalam bentuk tayangan digital melalui platform media sosial dan forum digital lainnya seperti webinar ataupun zoominar.

Virtual opening akan dibuka oleh Dr Wegig Murwonugroho pada Rabu 8 Juli jam 16.30-18.00 via webinar. Dengan music performa dari Sri Krishna Encik. Sedangkan sketsa virtual bersama akan dihelat Sabtu 11 Juli pukul 09.00. Pameran ini didukung ISI Yogyakarta, Generation Art Management dan Pusat Studi RRV&L-FSRD Universitas Trisakti.  (Dol)

 

 

 

 


share on: