Ozon Generator Karya TRB Creative Mampu Bunuh Bakteri dan Virus

share on:
Dimas (baju putih) saat mengisi sarasehan tentang kesehatan lingkungan hidup. Insert: Alat ozon generator yang diciptakan TRB Creative || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - TRB Creative adalah sebuah perusahaan skala menengah yang aktif bergerak sebagai konsultan lingkungan dan berbagai bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pengelolaan hasil pangan bumi. Serta tata kelola pengolahan limbah non B3 dan sampah beserta pemanfaatannya.

Belum lama ini TRB Creative yang dikomandoi Dimas Bagus menciptakan ozon generator. Yakni sistem alat penjernih air yang menghasilkan trioxygen (O3) yang memiliki daya oksidasi mengurai berbagai macam gas beracun.

Dimas menuturkan, banyak sekali manfaat ozon generator bagi kehidupan manusia. “Alat ini bisa menetralisir dan mengurai CO, Ammonium, Sulfat, Metana serta berbagai macam unsur berbahaya lain. Beberapa bidang industri kemudian memanfaatkan daya oksidasi ini. Juga bisa membunuh kuman, bakteri dan virus. Kemampuan inilah yang kemudian membuat ozone juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan medis,” kata Dimas selaku founder TRB Creative saat ditemui yogyapos.com, Sabtu (17/10).

Dengan gas yang kuat dan memiliki disinfeksi tingkat tinggi, ozon bisa sangat efektif dalam membunuh bakteri dan jamur patogen, serta untuk menonaktifkan virus. Konon juga bisa membunuh virus Covid-19.

Dimas melanjutkan, alat ini dapat memproduksi gas ozone menggunakan listrik bertegangan tinggi yang menghasilkan kilat listrik di kutub anoda dan katoda. Oksigen dialirkan ke reaktor ozon sehingga molekulnya terpecah dari O2 menjadi O3 dan membentuk ozone. 

“Ozonisasi dalam alat penjernih air merupakan proses untuk membuat air memiliki kandungan ozone di dalamnya. Air yang akan melalui proses ozonisasi sendiri merupakan air yang sudah bersih melalui berbagai proses filtrasi sesuai kondisi air baku kemudian dipaparkan ke ozone generator. Air jernih tidak berbau dan memiliki kadar oksigen lebih tinggi, serta memiliki kesegaran yang lebih tahan lama,” papar Dimas.

Ozon generator dibuat dalam ukuran yang semakin beragam menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Beberapa diantaranya banyak digunakan untuk kebutuhan usaha air minum dalam kemasan (AMDK), menara pendingin, penampungan air, pembersih mobil, kolam renang, industri seperti tekstil, hotel dan perkantoran. (Fadholy)

 

 

 

 


share on: