Operasi Patuh Progo 2020 Tingkatkan Kesadaran Tiblantas

share on:
Upacara apel Ops Patuh Progo 2020 di Mapolda DIY || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Jajaran Polda DIY menggelar apel Operasi Patuh Progo 2020 di halaman Mapolda, Kamis (23/7). Operasi ini digelar serentak se-Indonesia selama 14 hari. Mulai 23 Juli hingga 5 Agustus. Agenda ini menitikberatkan pada upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas (tiblantas) sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar dalam sambutannya mengatakan, Operasi Patuh Progo 2020 ini bertujuan menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar serta meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

“Diharapkan kegiatan ini bisa meningkatkan disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan guna mencegah persebaran Covid-19 pada masa new normal. Guna mengoptimalkan pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2020, dibentuk beberapa Satuan Tugas (Satgas) yang meliputi Satgas Deteksi, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Represif dan Satgas Bantuan,” ujar Irjen Pol Asep Suhendar.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol I Made Agus Prasatya SIK MHum mengungkapkan, target Operasi Patuh Progo 2020 meliputi orang (pengendara kendaraan bermotor dan sepeda), benda (kendaraan bermotor beserta perlengkapannya) dan lokasi (daerah rawan laka lantas, pelanggaran, dan tempat wisata).

“Kegiatan masyarakat yang berpotensi terjadinya laka lantas dan penyebaran Covid-19 juga menjadi target perlaksanaan Operasi Patuh Progo 2020. Petugas akan melakukan pendekatan persuafif sebelum menindak pelanggar ketertiban lalu lintas,” kata Dirlantas.

Adapun kekuatan yang diterjunkan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2020, Polda DIY (210 personil), Polresta Yogya (185 personil), Polres Bantul (173 personil) Polres Sleman (180 personil), Polres Kulonprogo (134 personil) dan Polres Gunungkidul (127 personil). Selain bertugas di masing-masing wilayah, personil dalam Operasi Patuh Progo 2020 sewaktu-waktu harus siap untuk dilibatkan dalam operasi gabungan. (Fadholy)

 

 

 

 


share on: