Novi Konsen Dorong Masyarakat Tingkatkan Kesejahteraan Melalui Budidaya Ikan

share on:
Novi Sarhati (kerudung kuning) di hadapan peserta pelatihan budidaya ikan, Senin (7/6/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Usaha budidaya ikan menjadi perhatian khusus anggota DPRD Kabupaten Bantul dari Fraksi Partai Gerindra, Novi Sarhati. Ia menginisiasi dan mengupayakan tumbuh berkembang usaha mandiri tersebut demi pemberdayaan.

“Saya rasa ini penting dan dibutuhkan. Karena itu saya menginisiasi agar diadakan pelatihan perikanan bagi warga,” ujar Novi Sarhati di hadapan peserta Pelatihan Perikanan Budidaya Tahun 2021 Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul, di Tegal Tamanan Rt 5 Kalurahan Tamanan Kapanewon Banguntapan Bantul, Senin (7/6/2021).

Sebagai anggota dewan, Novi sangat konsen dengan perbaikan nasib masyarakat. Sejumlah upaya pun dilakukan. Salah satunya mendoorong masyarakat memiliki keterampilan dan praktek usaha perekonomian perikanan tersebut.

Senada disamapaikan Kabid Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian Pangan Kelailutan dan Perikanan Bantul, Istriyani SPi MM, bahwa tujuan pelatihan supaya usahan perikanan oleh masyarakat bisa tumbuh berkembang. Para peserta pelatihan dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Pelatihan diharapkan masyarakat tahu teknik, praktek usaha perikanan. Potensi ada karena lahan dan air masih sersedia luas. Pemasaran hasil perikanan juga masih terbuka luas,” kata Istriyani.

Abdussalam (21) selaku peserta pelatihan, mengungkapkan pihaknya menyambut positf adanya pelatihan ini. Dengan demikian dirinya bertambah ilmu dan menjadi lebih tertarik dan bersemangat untuk usaha perikanan.

Pelatihan kali ini berlangsung Senin-Selasa (7-8/6/2021). Dibagi menjadi dua kelompok dan per kelompoknya sebanyak 20 orang. Selama 2021 pelatihan di Bantul ada 11 paket dan dua diantaranya yang sedang dilaksanakan  kali ini. (Supardi)

 


share on: