Musim Panas, Penjualan Kipas Angin di Ace Hartono Meningkat

share on:
Suasana pameran Kipas Angin dan Air Cooler di Hartono Mall || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Cuaca panas yang melanda Kota Yogyakarta beberapa bulan terakhir berdampak positif pada penjualan kipas angin. Setidaknya sejumlah outlet elektronik mengalami peningkatan penjualan yang sangat signifikan. Jika sebelumnya rata-rata penjualan hanya 3-5 transaksi, bulan ini rata-rata terjadi 10 sampai 15 transaksi setiap harinya.

Sekar Tyas Nareswari, Store Manager Ace Hartono Yogyakarta menjelaskan, trend peningkatan penjualan kipas angin terjadi karena adanya peningkatan kebutuhan. Masyarakat memilih untuk membeli kipas angin karena peralatan ini harganya lebih terjangkau dibanding AC. Namun, pihaknya juga melihat dari sejumlah pelanggan yang berminat membeli AC beberapa diantaranya beralih untuk membeli penyejuk udara (aircooler). 

“Banyak yang datang awalnya berniat untuk membeli kipas angin, karena keterbatasan budget. Namun, ketika tahu bahwa kita juga menyediakan produk penyejuk udara yang murah , banyak juga yang kemudian beralih untuk membeli  air cooler,” ujar Sekar kepada wartawan, Kamis (17/6/2021) di Hartono Mall Yogyakarta. 

Sekar memaparkan, kelebihan air cooler atau penyejuk udara, bisa menurunkan suhu panas ruangan meskipun tidak sedingin  AC atau Air Conditioner tetapi memiliki keunggulan dibanding AC dengan konsumsi daya listrik yang rendah hanya rata-rata 85 watt, juga lebih ramah untuk lingkungan. Disamping itu, jika AC di letakkan pada tempat tertutup dan susah dalam membersihkannya, maka air cooler atau penyejuk udara, bisa mobile dipakai karena ada rodanya yang memudahkan untuk berpindah ruangan dengan ventilasi udara terbuka dan mudah untuk dilakukan perawatan kebersihan hanya dengan membuka dan membersihkan penyaringnya dengan vacuum.

Sedangkan kipas angin, fungsinya memutar angin namun tidak dapat menurunkan suhu udara, berbeda dengan air cooler yang dapat menyerap udara panas dan mengeluarkan lagi dalam bentuk udara yang lebih sejuk dengan daya listrik yang hampir sama dengan kipas angin dan didalam air cooler bisa ditambahkan air sekitar sepuluh liter untuk tujuh jam pemakaian serta ice cooler, gel pengganti es batu yang perlu dibekukan dulu dalam freezer sebelum dimasukkan dalam air cooler serta dapat dipakai berulang-ulang. Ice cooler didapatkan gratis saat pembelian air cooler.

Sekar menyampaikan, dengan banyaknya masyarakat yang membutuhkan kipas angin dan penyejuk udara ini maka ACE Hartono Mall menggelar Bazaar Kipas Angin dan Air Cooler di Atrium Hartono Mall. Promo bertajuk FAN FAIR SUPER SAVER yang digelar dari 15 - 20 Juni ini menghadirkan beberapa jenis fan atau kipas angin serta air cooler atau penyejuk udara  dengan banyak pilihan varian dan warna. 

“Kami melihat adanya peluang penjualan kipas dan air cooler, dan mentargetkan transaksi meningkat dua kali lipat dibanding penjualan bulan lalu dengan mengelar pameran khusus di atrium Hartono Mall yang mendisplay aneka kipas paling best seller dan memberikan potongan harga hingga 50% yang dikhususkan hanya untuk member ACE sebagai bentuk apresiasi pada pelanggan,” terangnya.

Saat ini, ada lebih dari 50 varian barang yang tersedia di gerai Ace Hartono, mulai dari kipas yang dipasang di langit-langit, kipas dinding, kipas meja, kipas kecil, kipas outdoor yang sering dipakai untuk menyemburkan uap air desinfektan serta varian air cooler mulai dari yang kecil dan yang besar dengan warna dan bentuk beragam dan dapat disesuaikan kebutuhan customer sesuai cakupan area yang ingin dicover. (*/Sulistyawan Ds)


share on: