Meriah! Lustrum IV SMKN 1 Pundong Mengusung Aneka Seni Adiluhung

share on:
Bregada siswa memeriahkan rangkaian kegiatan Lustrum IV SMKN I Pundong , Minggu (19/11/2023) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) – Memasuki Lustrum IV, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Pundong Kabupaten Bantul mengadakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) siswa melalui serangkaian kegiatan budaya, di Lapangan Sepak Bola Tulung, Minggu (19/11/2023).

BACA JUGA: Pasangan Capres AMIN Peroleh Lagi Dukungan dari Empat Federasi Buruh Tingkat Nasional

Rangkaian kegiatan lustrum kali ini ditandai dengan kirab bregada, gunungan dan jodang. Mengambil start dari halaman sekolah dan finish di Lapangan Sepak Bola Tulung Srihardono Pundong, diiringi grup tarian gedruk, flashmob tarian gugur gunung, jatilan dan berbagai macam karya seni budaya jawa .

BACA JUGA: Parade Gerobak Sapi Wedomartani Berambisi Tak Tergerus Modernisasi

Di Lapangan Tulung para siswa juga melanjutkan acara pentas seni budaya, dimeriahkan dengan pembagian berbagai macam hadiah diantara sepeda kepada para penonton terutama keluarga siswa-siswi.

Kirab gunungan || YP-Supardi

“SMKN I Pundong merupakan sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah pelestari dan pengembang seni budaya jawa adiluhung. “Sudah berulangkali kami menggelar seni budaya jawa termasuk mengadakan pertandingan dolanan tradional jawa diantaranya egrang, balapan teklek dan keterampilan berbusana jawa tradsional,” kata Kepala SMKN I Pundong, Sutapa SPd, di sela berlansung pentas budaya.

Jatilan memeriahkan rangkaian kegiatan Lustrum IV || YP-Supardi

Ia menambahkan, pada Senin (20/11/2023) malam para siswa SMKN I Pundong juga akan menggelar pentas ketoprak Mataraman di SMK sebagai persembahan untuk masyarakat.

BACA JUGA: Ngajogjazz 2023 Kembali Merambah Desa, Dihadiri Sejumlah Pejabat Pemkab Sleman

Wisnu dan beberapa siswa serta para wali siswa, menyatakan pihaknya merasa senang dan bangga karena dapat pentas budaya menghibur warga sekaligus menambah wawasan  maupun keterampilan siswa di bidang seni budaya. (Spd)

 


share on: