Mengingatkan Kembali Sumbangsih Maestro Tino Sidin di Jagad Seni Rupa

share on:
Para pemenang lomba lukis foto bersama para dewan juri || YP-Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL) - Merayakan Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober serta memperingati 95 tahun almarhum maestro lukis Tino Sidin, Museum Taman Tino Sidin menggelar lomba lukis on the spot serta talkshow yang mengupas jalan panjang pelukis yang selalu mengenakan topi pet ini.

Kepala Museum Taman Tino Sidin, Panca Takariyati Sidin mengatakan, acara ini didukung penuh oleh Dinas Kebudyaaan DIY. Pihaknya telah melakukan lomba lukis on the spot pada Sabtu (10/10/2020) lalu yang diperuntukkan bagi pelajar/mahasiswa.

“Ada sekitar 35 peserta yang ikut. Lalu kami mengambil 5 peserta yang terbaik. Temanya tentang Pak Tino Sidin. Lalu pada Senin (12/10/2020) pagi kami mengadakan talkshow dengan narasumber Ki Bambang Widodo, Dra Dyan Anggraini, dan saya sendiri,” ujar putri bungsu Tino Sidin yang akrab disapa Titik.

Titik melanjutkan, agenda ini diharapkan dapat mengenalkan kembali sosok Tino Sidin dan Museum Taman Tino Sidin kepada masyarakat umum, khususnya generasi milenial untuk melongok sejarah dan kiprah Tino Sidin dalam dunia senirupa, pendidikan, dan perjuangan bangsa. “Aliran bapak adalah naturalis. Yang mudah dicerna oleh masyarakat umum. Tahun 80-90 an bapak juga punya program di TVRI, ‘Gemar Menggambar’. Sebagai guru gambar, bapak selalu mengapresiasi karya gambar yang dibuat,” imbuh Titik kepada Yogyapos.com, di sela kegiatan di Museum Taman Tino Sidin, Ngestiharjo Bantul, Senin (12/10/2020).

Selain beragam kegiatan seni, Museum Taman Tino Sidin dibuka bagi umum hingga sore hari, secara terbatas dan mengikuti anjuran protokol kesehatan. Kedepan, Titik akan mengarsipkan segala karya Tino Sidin dengan format digital. Zaman udah berubah, pihaknya pun harus adaptif.

Adapun daftar pemenang lomba lukis on the spot yakni: Juara 1 Nanda Esa (UNY), Juara 2 Sugiharto (UNS), Juara 3 Don Bosco Laskar (ISI), Juara Harapan 1 Wahyu Adi (ISI) dan Juara Harapan 2 Danang Tri (UPN). (Dol)

 

 

 

 


share on: