Kurangi Risiko Penyebaran Covid-19, Transaksi di ATM Bank Jateng Cabang Yogya Bisa Via Ponsel

share on:
Penyerahan hadiah Tabungan Bima, di Kantor Bank Jateng Cabang Yogyakarta || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Untuk mendukung pemerintah dalam Program Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19, Bank Jateng Cabang Yogyakarta berupaya mengurangi jumlah transaksi tunai, digantikan dengan transaksi non tunai via ibanking dan Bima Mobile.

Bima Mobile adalah aplikasi Tabungan Bima yang memiliki konten kekinian. Bisa digunakan untuk transaksi perbankan apa saja. Dari mulai transfer hingga pembayaran di merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan Bank Jateng.

Penarikan dana tunai via ATM pun sekarang nasabah sudah tidak perlu lagi membawa Kartu ATM secara fisik. Semua bisa dilakukan melalui handphone. Harapannya transaksi perbankan tetap bisa berjalan dengan lancar, namun juga mengurangi potensi kerumunan orang.

Hal itu ditegaskan oleh Pimpinan Bank Jateng Cabang Yogyakarta, Adhi Soebroto, dalam penyerahan hadiah Tabungan Bima, di Kantor Bank Jateng Cabang Yogyakarta, Jalan Prof. Herman Yohanes No.1331, Yogyakarta, Jumat (9/4/2021). Turut mendampingi Wakil Pimpinan Bank Jateng Cabang Yogyakarta Sambu Dharta Gautama.

Adhi Soebroto menyampaikan, berdasarkan pengundian yang telah dilaksanakan Senin 22 Maret 2021 lalu, nasabah Bank Jateng Cabang Yogyakarta yang beruntung adalah Adji Hwadjiniwati warga Poncowinatan, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Dia berhak membawa pulang Emas Batangan seberat 10 gram. Kemudian, hadiah sepeda motor Yamaha NMax jatuh kepada nasabah Bank Jateng Cabang Yogyakarta Dwijo Susilo warga Asrama Kompi Kavaleri 2, Demak Ijo, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Kedua nasabah yang beruntung ini mengaku sangat puas dengan layanan dari Bank Jateng Cabang Yogyakarta selama ini. Segala keperluan transaksi perbankan sangat mudah melalui Bank Jateng Cabang Yogyakarta. Harapannya bisa semakin ditingkatkan lagi kualitasnya. Anggota Kompi Kavaleri lainnya yang sudah menjadi nasabah Bank Jateng Cabang Yogyakarta juga merasakan hal yang sama, semua keperluan transaksi perbankan dipermudah.

Adhi Soebroto menuturkan, Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman bertransaksi kepada nasabahnya, Bank Jateng Cabang Yogyakarta mengikuti Standard Operating Procedure (SOP) dari kantor pusat. Yakni rutin melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh sudut area kantor setiap satu minggu sekali. Hasilnya, sampai dengan hari ini tidak ada nasabah dan pegawai Bank Jateng Cabang Yogyakarta yang terinfeksi Covid-19.

Bank Jateng Cabang Yogyakarta berkomitmen dalam menjaga kesehatan dan keselamatan nasabah dan pegawai Bank Jateng Cabang Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya sertifikasi sangat baik dalam penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19, oleh Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Yogyakarta.

“Vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan untuk Karyawan Bank Jateng yang ada di wilayah kerja Jawa Tengah. Terutama personel frontliner. Sedangkan, untuk Bank Jateng Cabang Yogyakarta, masih menunggu kebijakan dari Pemda DIY. Sebab, prioritas di masing-masing daerah tentunya berbeda,” ujar Adhi Soebroto.

Setiap orang yang memasuki kantor Bank Jateng Cabang Yogyakarta akan dicek suhu tubuhnya, maksimal 37,5 derajat celcius, di atas suhu tersebut, tidak diijinkan untuk memasuki area kantor Bank Jateng Cabang Yogyakarta.

 

“Di konter layanan FO dan Kassa diberi pembatas atau sekat dari kaca agar antara nasabah dan pegawai tidak ada kontak langsung. Kursi tunggu pun sudah diberi jarak physical distancing 1,5 meter,” ungkap Adhi Soebroto.

 

Adhi Soebroto selalu memastikan dalam kegiatan operasional perbankan sehari-hari, Bank Jateng Cabang Yogyakarta menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan Pengendalian dan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19. Yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menyemprotkan hand sanitizer, dan Mencegah kerumunan dengan Menjaga jarak dan Membatasi mobilitas dan interaksi (3M).

Adhi Soebroto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Yogyakarta kepada Bank Jateng Cabang Yogyakarta. Terbukti walaupun di era pandemi Covid-19, namun Bank Jateng Cabang Yogyakarta tetap bisa tumbuh. Kredit juga ikut tumbuh, terutama pembiayaan untuk menggerakkan UMKM dan sektor riil.

Diakui Adhi Soebroto, pandemi Covid-19 memang membawa dampak dan pengaruh yang cukup besar. Namun, perbankan dan dunia industri harus tetap eksis untuk menggerakkan roda perekonomian.

“Dana pihak ketiga juga mengalami pertumbuhan. Jumlah kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) juga sangat terjaga,” imbuh Adhi Soebroto.

Khusus untuk warga Yogya, kata Adhi Soebroto, setiap tahunnya Bank Jateng Cabang Yogyakarta mempersembahkan 2 Sepeda Motor Yamaha NMax dan 2 Emas Batangan seberat masing-masing 10 gram. Dan, 1 Mobil Daihatsu Xpander untuk warga Jogja dan Magelang. Cukup dengan cara membuka rekening Tabungan Bima di Bank Jateng Cabang Yogyakarta.

Sebagai informasi, lanjut Adhi Soebroto, Panen Hadiah Tabungan Bima diundi dua kali dalam setahun. Memperebutkan hadiah satu unit sepeda motor Yamaha NMax untuk nasabah dengan saldo minimal Rp2 juta. Kemudian hadiah Logam Mulia Emas Murni Batangan 10 gram untuk nasabah dengan saldo minimal Rp1 juta. Masing-masing akan mendapatkan satu buah kupon, dan berlaku kelipatan.

Untuk UMKM wilayah Jogja, Bank Jateng Cabang Yogyakarta memiliki Program Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga super murah. Dengan proses yang mudah dan cepat, dan plafond sampai dengan 500 juta. Tahun 2021 ini secara nasional Bank Jateng dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan Kredit KUR dengan kuota sebesar 4 triliun.

“Silahkan mengajukan, semakin cepat semakin besar peluang bagi UMKM untuk mendapatkan KUR ini. Bahkan, Bank Jateng Cabang Yogyakarta membuat terobosan dan layanan khusus untuk percepatan pencairan Dana KUR ini,” terang Adhi Soebroto.

Kemudian, bagi mahasiswa asal Jateng yang kuliah di Jogja, Bank Jateng Cabang Yogyakarta juga memberikan banyak kemudahan. Untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha atau memiliki startup, Bank Jateng Cabang Yogyakarta juga menyediakan KUR Mikro dengan plafond 10-50 juta. Minimal usaha sudah berjalan 6 bulan sehingga diharapkan mempunyai kemampuan membayar terus-menerus (sustainable).

Walaupun sedang Pandemi Covid-19, patut disyukuri bahwa target Bank Jateng Cabang Yogyakarta maupun secara nasional untuk tahun 2020 dapat tercapai. Baik itu dari sisi aset, kredit, maupun dana pihak ketiga.

Awal November 2020 lalu, Bank Jateng sudah melaunching mobile banking untuk lebih memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Ada dua penambahan lokasi ATM yakni yang sudah terealisasi di Kampus UTY dan dalam waktu dekat di Taman Pintar. Kemudian pengadaan mobil kas keliling.

“Dan, untuk lebih memaksimalkan layanan kepada nasabah di wilayah DIY, Bank Jateng Cabang Yogyakarta sudah membuka Kantor Kas di Kadipiro, Jalan Wates No.19A, Ngestiharjo, Bantul, sejak Agustus 2020 lalu,” ucap Adhi Soebroto. (*/Met)

 

 

 

 

 


share on: