Klomtan Minapadi 'Sedyo Makmur' Panen Ikan 1 Kwintal Setiap Lahan

share on:
Bupati Drs H Sri Purnomo ikut meramaikan panen ikan Klomtan 'Sedyo Makmur' Argorejo Bantul, selasa (29/12/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Budidaya ikan minapadi semakin menggarahkan. Kian hari mendatangkan keuntungan, terasuk semasa musim pandemi Covid-19. Itu sebabnya, usaha perikanan ini perlu digalakan dan dikembangkan untuk mendongkrak perekonomian para petani.

Hal itu setidaknya seperti dialami Kelompok Tani Minapadi ‘Sedyo Makmur’ Argorejo, Sedayu, Bantul. Sudah cukup lama klomtan ini membudidyakan ikan untuk memenuhi kebutuhan pasar ikan di wilayah Bantul.

“Fakta dari usaha kami bahwa budidaya mina padi cukup menguntungkan. Setiap lahan tanaman padi seluas 1.000 meter persegi ditebari benih ikan nila atau tombro 2.000 ekor menghasilkan ikan hasil panen satu kwintal dengan harga Rp 25.000 per kg,”  terang Sesepuh Kelompok Tani Minapadi Sedyo Makmur, Sakiran, disela panen ikan, di Bulak Argorejo, Selasa (29/12/2020).

Sairan mengungkapkan, kelompok tani ini berbudiya minapadi berkat adanya bantuan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan  Budidaya ikan tawar. Pada saat dipraktikan hasilnya seperti lumayan sukses.

Dengan hasil panen seperti itu, maka para petani yang kini jumlahnya mencapai 87 orang tergabung dalam kelompok Sedyo Makmur dan bebudidaya ikan di lahan 15 hektare akan terus mengembangkan usahanya.

“Hanya saja budidaya mina padi asalah kendalanya pada hama berupa regul (jenis bram-bram) yang gemar makan ikan. Ini harus diawasi dengan cara dijaga sawahnya atau diberi jaring,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bantul Drs H Suharsono, usai melakukan panen minapadi ini berharap setiap desa nantinya mempunyai usaha minapadi.

“Apabila perlu dikembangkan lagi usaha budidaya udangpadi. Ini sebagai peluang usaha baru di Bantul yang diharapkan bisa tumbuh berkembang,” pesannya. (Supardi)

 


share on: