Klien Kasus Pajak Divonis 18 Bulan, Advokat Agung Ariyanto Langsung Banding

share on:
Terdakwa (kiri) konsultasi dengan Dr (Can) Agung Ariyanto SH MHLi selaku pengacaranya || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Majelis hakim PN Sleman diketuai Rosihan Juriah SH MH akhirnya menjatuhkan vonis penjara 19 bulan terhadap Robinson Salino (31), dalam sidang di PN Sleman, Kamis (10/6/2021).

Majelis hakim berkesimpulan, bos PT Gunung Samudera Tirtamas(GST)   terbukti terbukti menggelapkan pajak yang menelan kerugian negara Rp 4,7 miliar. Selain hukuman badan, terdakwa juga didenda Rp 8 Miliar atau subsider kurungan 6.

“Perbuatan terdakwa terbukti melanggar Pasal 39 ayst (1) huruf A, huruf C dan huruf d jo pasal 43 ayat (1) Undang-Umdang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana telah di ubah ditambah  Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 dan terakhir dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009,” tegas hakim.

Dalam amar putusan, majelis hakim menguraikan modus penggelapan pajak yang dilakukan terdakwa yakni menyampaikan SPT yang isinya tidak benar. Padahal sejak Oktober 1917 yang bersangkutan telah memenuhi persyaratan subyektif  wajib pajak sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).

Atas Putusan itu,

Sementara itu penasehst hukum terdakwa Dr (Can) Agung P Ariyanto SH MH Li dan Boma Aryo Nugroho SH dari Kantor Litigant & Coseusia Jalan Bugisan 432, Jomegatan, Bantul langsung menyatakan banding.

“Kami menghormati putusan hakim, meskipun hampir semu pledoi dikesampingkan. Maka itu kami segera akan mengajukan upaya banding,” tegas Agung.

Agung mengungkapkan, perhitungan terhadap pendapatan kerugian negara karena majelis tidak sedikitpun mempertimbangkan pasal 1 ayat (2) KUHP, bahwa bilamana sesudah perbuatan yang dilakukan oleh pelaku ada Undang-Undang yang diperingatkan adalah Undang-Undang yang digunakan mereka diangkat.

“Dalam UU Cipta Kerja penghtungan kerugian negara yang dilakukan klien kami tidak sebesar itu. Tapi hakim mengesampingkan pledoi kami tentang hal tersebut,” ucap Agung yang selama ini dikenal sebagai advokat kasus-kasus perpajakan. (Agn/Met) 

 

 


share on: