Klaten Siapkan Skenario PPKM Level 2

share on:
Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani || YP-Arifin

Yogyapos.com (KLATEN) - Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani sudah mulai menyiapkan beberapa skenario pelonggaran seiring turunnya PPKM dari level 3 ke level 2. Ia menyatakan ada 3 prioritas yang membutuhkan pencermatan lebih lanjut.

“Sudah mulai boleh buka dengan kapasitas 25 persen. Nanti, satgas di masing-masing kecamatan berkewajiban untuk melihat apakah sudah memenuhi ketentuan. Resepsi pernikahan sudah boleh, namun tamu undangan dibatasi maksimal 50 orang dan makan tidak boleh di lokasi,” ucapnya, Sabru (9/10/2021).

Adapun 3 prioritas yang butuh pencermatan, diantaranya adalah obyek wisata, resepsi pernikahan, serta kegiatan seni budaya. Di PPKM level 2 ini, ketiga sektor itu sudah dibolehkan.

Hj Sri Mulyani menambahkan, saat ini, obyek wisata sudah diperbolehkan buka, namun ada beberapa catatan yang harus diperhatikan antara lain, kapasitas maksimal pengunjung 25 persen, wajib mematuhi protokol kesehatan dan pengelola wisata wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Terkait pertunjukan seni dan budaya juga sudah dipebolehkan dengan ketentuan membatasi maksimal 50 persen dari kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi bagi semua orang.

“Ketiga sektor itu diprioritaskan, karena berpotensi menimbulkan kerumunan. Maka, untuk mengantisipasi munculnya klaster baru Covid-19, akan dibuatkan ketentuan, mekanisme, serta aturan melalui Intruksi Bupati mengacu Instruksi Menteri Dalam Negeri. Karena semua ini berpotensi menimbulkan kerumunan. Kami akan mengkaji aturan yang tidak diatur di Imendagri terbaru, terutama yang berkaitan dengan jam buka obyek wisata. Semoga Klaten segera membaik lagi, agar semua sektor bisa menggeliat kembali,” pungkasnya.  (Arifin)

 


share on: