Kepala Disperindag DIY : Potensi Ekspor Furniture Sangat Besar

share on:
Kepala Disperindag DIY (berbatik) saat memberi keterangan pers || YP-Fadholy

Yogyapos.com (SLEMAN) - Untuk menggenjot pasar dan kembali menggeliatkan Industri Kecil Menengah (IKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY akan mengadakan pameran berbasis teknologi informasi.

Perhelatan bertajuk ‘Jogja Premium Export Virtual Expo 2020’ akan digelar pada 12-15 November 2020, diikuti 50 IKM, di Kasultanan Ballroom Royal Ambarrukmo Yogyakarta. 

Visi digelarnya acara ini adalah untuk memberi dukungan kepada IKM agar melaksanakan promosi secara kontinyu dan untuk menunjukkan eksistensi sebuah produk hingga dikenal di pasar global.

Kepala Disperindag DIY Ir Aris Riyanta MSi mengungkapkan, DIY memiliki potensi yang sangat besar di bidang furniture dan craft. Dan pihaknya mencoba memasarkan produk-produk tersebut secara digital marketing.

“Harapan kami, para pengusaha IKM kembali menggeliat agar roda ekonomi tetap bergerak. Dan tentunya meningkatkan nilai ekspor. Ada 5 aspek unggulan yang akan digulirkan dalam acara ini. Yakni home deco, craft, fashion, furniture dan kuliner. Dengan platform virtual,kami mendorong para peserta pameran untuk mengoptimalisasi pemasaran secara digital dan jangkauan pasar yang lebih luas,” ujar Aris Riyanta, di Yellow Star Hotel, Jalan Laksda Adi Sucipto Yogyakarta, Jumat (6/11/2020).

Aris menjelaskan, 3 bulan belakangan ini angka ekspor produk DIY mengalami kenaikan signifikan. Bahkan ada satu perusahaan yang mengirim 50 kontainer. Para pengusaha IKM ini mayoritas mengirim barang melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Disamping lebih dekat dengan Yogya, dari sisi cost juga relatif efisien. Semoga dengan gelaran Jogja Premium Export Virtual Expo ini, bisa mendongkrak angka ekspor,” imbuhnya.

Sementara itu Ir Intan Mestikaningrum MSi selaku Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag DIY mengatakan, tema besar acara ini adalah ‘Jogja Creative Product for Global Opportunies’. “Ini menjadi ruang kolaborasi antar stakeholder terkait. Kami menggandeng Dispar DIY, Disbud DIY, Kadin, KBRI di berbagai negara, Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) di berbagai negara, buyer domestic dan mancanegara. Untuk memeriahkan agenda, akan ada talkshow dengan narasumber yang kompeten di bidangnya. Ada juga fashion show yang menampilkan karya 20 desainer. Dan tentunya hiburan musik dengan bintang tamu D’Massive, Shaggy Dog, NDX Aka dan Ndar Boy Genk,” tandas Intan.  (Fadholy)

 

 


share on: