Kelompok Jaga Warga Ngemplak dan Medari Cilik Berhasil Dikukuhkan

share on:
Penyerahan berita acara pengkuhan Kelompok Jaga Warga || YP-Agung DP

Yogyapos.com (SLEMAN) - Bupati Slemam Hj Kustini mengukuhkan 50 anggota kelompok Jaga Warga yang berasal dari padukuhan Ngemplak dan Medari Cilik, di Caturharjo Kapanewon Sleman, Jumat (5/8/2022). 

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, Asisten Pemerintah dan Kesejaterahan Rakyat HY Aji Wulantara, Kasat Satpol PP Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Kabid Satpol PP DIY Ilham Junaedi, dan Panewu Sleman Suyanto. 

Bupati Sleman Kustini menjelaskan pembentukan pengukuhan ini implementasi dari Pergub DIY Nomor 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga. Diharapkan anggota yang sudah dikukuhkan dapat mengemban amanah dengan baik menjaga keamanan kenyamanan, dan ketertiban di tingkat padukuhan.

“Peran jaga warga tidak hanya untuk menjaga lingkungan, namun juga menjaga kerukunan warganya. Sehingga tidak ada lagi sinyal sinyal negatif yang dapat memecah kerukunan warga Sleman,” kata Kustini.

Sebelumnya Bupati Sleman ini juga memimpin prosesi pelantikan dan didahului pembacaan ikrar Jaga Warga. Dilanjutkan dengan pemakaian rompi kepada 2 orang sebagai perwakilan anggota.

Sebanyak 50 anggota Jaga Warga yang baru dilantik itu merupakan kelompok warga masyarakat yang terbentuk dari berbagai unsur, diantaranya dari unsur pemuda, kegiatan perempuan, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Adapun jumlah kelompok Jaga Warga masing masingg padukuhan sebanyak 25 orang. Saat ini terdapat 250 padukuhan yang telah dikukuhkan kelompok Jaga Warganya.

Sementara itu Panewu Sleman Suyanto, berharap dengan kehadiran Jaga Warga dapat menjaga suasana tenang di lingkungan warga. Disamping kepada anggota yang telah dilantik dimohon untuk dapat bersinergi dengan pranata sosial lainnya untuk mengoptimalkan potensi warganya.

“Sebanyak 50 anggota yang dilantik hari ini, semoga bisa menjaga kedamaian serta kerukunan warga,” harap Suyanto. (Agn)

 


share on: