Kasat Reskrim Gadungan Perdayai 3 Wanita Luar Dalam

share on:
Kapolres Bantul menunjukkan tersangka saat pers konference, di Mapolres Bantul, Kamis (25/3/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Mengaku sebagai Kasat Reskrim Polres Bantul dan melakukan penipuan luar dan dalam terhadap sejumlah wanita, Da (28) warga Sewon Bantul, akhirnya ditangkap dan ditahan di Mapolres Bantul.

“Pria ini dalam operasinya telah mengelabuhi dan meraup uang belasan juta dari korban yang kesemuanya wanita,” ujar kererangan Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri budi SIK, didampingi Kasat Reskrim, AKP Ngadi, pada jumpa pers di Polres ini, Kamis (26/3/2021).

Dijelaskan, kronologi kejadiannya bahwa pada 21 Desember 2020 sekitar pukul 14.54 di Gadingsari Sanden Bantul, tersangka berkenalan dengan seorang wanita melalui media sosial. Perkenalan itu dilanjut jumpa darat. Tersangka saat bertemu dengan korban mengaku sebgai polisi (Kasat Reskrim Polres Bantul).

Berlagak polisi yang punya jabatan strategis, tersangak menipu luar dalam korban atau melakukan hubungan layaknya suami istri sebanyak tiga kali. Selain itu juga tersangka berjanji akan menikahi korban dan meminta uang sejumlah Rp 13 juta.

Setelah kejadian, tersangka seolah menghindar. Korban curigai dan memberitahukan kepada seseorang. Setelah dilakukan pengamatan maupun penyelidikan, tersangka dicurigai sebagai polisi gadungan ini akhirhnya dilaporkan ke polisi.

“Dari laporan korban itulah kami melakukan penangkapan tersangka pada Selasa (23/3/2021),” ujar Kapolres.

Hasil penyidikan dan laporan para korban, tersangka juga melakukan penipuan kepada tiga wanita lainnya. Dalam operandinya saat mengelabuhikorban, tersangka mengenakan kalung mirip lencana penyidik dan masker polisi.

“Korban Ws (21l warga Sanden Bantul. Dua Ls (22) warga Wonosobo Jawa Tengah dan ketiga seorang lagi Wl (26) warga Sleman. Karena merasa dirugikan, ketiga korban melaporkan tersangka ke polisi,” terang.

Sejunlah barang bukti yang telah diamankan polisi diantaranya lencana penyidik Satreskrim Polres Bantul, masker berlogo kepolisian dan sejumlah atribut polisi. (Supardi)

 


share on: