Jukir Nyambi Kurir Sabu Diringkus Aparat BNNK Bantul

share on:
Kepala BNNK Bantul Arfin Munajah (berhijab) menunjukkan tersangka WY beserta barang bukti || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Seorang juru parkir (jukir), WY (44) warga Mergangsan Yogya nekat ‘nyambi’ jadi kurir sabu-sabu. Untuk mengelabui petugas dari Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bantul, pelaku sengaja memakai atribut driver ojek online (ojol) saat beraksi.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan sabu-sabu seberat 30,31 gram yang dikemas dalam plastik klip bening, 1 buah kotak susu kemasan yang digunakan sebagai pembungkus, 1 unit sepeda motor, 1 jaket ojol, serta 2 buah HP.

Kepala BNNK Bantul Arfin Munajah SE MM mengungkapkan, tersangka diringkus pada pertengahan Mei lalu di Jalan Pertanian Banguntapan, Bantul. Bermula ketika petugas dapat informasi adanya dugaan penyalahgunaan narkotika di sekitar TKP. 

“Waktu itu tersangka mengenakan jaket ojol gerak-geriknya mencurigakan. Tak lama berselang tersangka mengambil barang yang berada di pinggir jalan. Petugas pun langsung melakukan penyergapan, dan didapati paket sabu yang dimasukkan dalam kotak susu. Dari penyelidikan, WY hanya sebagai kurir. Tersangka menerima perintah dari seseorang. Ini yang sedang kita dalami,” jelas Arfin Munajah Jumat (10/7/2020)

Kasi Pemberantasan BNNK Bantul Kompol Singgih Suhartoyo menambahkan, WY tidak tahu siapa pemberi perintah. Dia juga tidak tahu asal muasal sabu tersebut. 

“Terus kita telusuri jaringan ini. WY mengaku dapat upah sekitar Rp 3 juta menjadi kurir sabu. Tersangka kami jerat Pasal 112 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling singkat 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara,” pungkas Kompol Singgih. (Dol)

 

 

 


share on: