Jembatan Kenet Bantul Rusak Berat Sebelum Diresmikan

share on:
Kerusakan Jembatan Kenek jika tak segera diperbaiki terancam ambruk || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Belum diresmikan, Jembatan Kenet Silok I Selopamioro Imogiri Kabupaten Bantul yang menghubungkan Imogiri Bantul dengan Pangang Kabupaten Gunungkidul, rusak karena diterjang arus air akibat hujan yang terjadi pada Selasa (27/10/2020) dinihari.

Pantauan yogyapos.com, jembatan yang panjangnya sekitar 20 meter dan lebar empat meter ini rusak akibat longsor di bagian penyangga sebelah barat dan timur. Apibla tidak segera diperbaiki, maka kerusakan diprediksikan akan bertambah, dan akan ambrol serta tidak bisa difungsikan.

Jembata ini pernah rusak akibat diterjang banjir Cempaka tahun 2017. Maka sebelah utara (samping) dibangun jembatan yang baru. Jembagltan lama masih difungsikan untuk arus lalu lintas. Sedangkan jembatan yang baru mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPU PKP) Bantul, Bobot Arifin A'idin, saat melakukan peninjauan di lapangan, mengatakan, pihaknnya telah melaporkan kerusakan jembatan ini ke Pemerintah DIY.

“Pembagunan jembatan ini merupakan wewenang Pemerintah DIY dan pengganggarannya juga mempergunakan APBD DIY. Maka kami melaorkannya kejadian ini,” kata Bobot.

Menurutnya, meski jembatan lama hingga kini masih difungsikan untuk arus lalu lintas. Namun jembatan baru rusak, maka kontruksinya mengkhawatirkan jika  tidak segera diperbiki.

Peninjauan ke lokasi juga dilakukan Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto. Sementara itu, senjumlah warga setempat mengharapkan kerusakan jembatan dimaksud segera dilakukan perbaikan agar segera bisa berfungsi.(Supardi)

 


share on: