Heru Sudibyo: Pilur Serentak di Bantul Berlangsung Sesuai Amanat Undang-undang

share on:
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bantul DrsHeru Sudibyo MM || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pemilihan Lurah (Pilur) 2022 Kabupaten Bantul yang dilakukan serentak pada 25 September baru lalu dinilai berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

Meski demikian, masih perlu evaluasi terutama  pada tata tertib di masing-masing panitia tingkat kalurahan, sedemikian rupa sehingga dapat diharapkan ke depannya lebih kondusif.

“Secara umum pelaksanaan Pilur baru lalu itu berjalan sesuai ketentuan. Para calon terpilih yang junlahnya 21 orang sudah disahkan oleh panitia dan tinggal menunggu waktu  pelantikan,” ungkap Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Bantul yang juga saat itu selaku Ketua Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pilur Drs H Heru Sudibyo MM, di Bantul, Kamis (29/9/2022).

Ia mengungkapkan, Pilur kali ini secara umum berjalan baik dan  sesuai amanat Undang-Undang Desa Tahun 2014, Peraturan Daerah (Perda)  serta Peraturan Bupati (Perbub).  

Heru menyatakan, yang menarik bahwa dalam Pilur sekarang tidak boleh calon tunggal. Usia calon minimal usai 25 tahun. Kalau dahulu umurnya 20 tahun sudah dapat mendaftar. Dalam Pilur tahun 2022 tdak ada final dan yang hasil suaranya terbanyak yang menang. Kini biaya pelaksanaan dibantu dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Meski Pilur 2022 lancar, namun juga masih memerkukan adanya evaluasi khususnya tentang Tatib untuk pedaman jika ada kekeliruhan, gejolak dan bentrok massa. Artinya sebagai kalurahan juga menambah isi tatib yang mengatur hak itu,” sambungnnya.

Hasil pengamatan yogyapos.com bahwa para Lurah terpilih masih sering didatangi warga untuk mengucapkan selamat atas terpilihya sebagai lurah.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bamtul, Sri Nuryanti, dalam waktu dekat direncanakan para lurah terpilih segera dilantik. (Spd)

 


share on: