Heru Sudibyo Dukung 'Sikomandan'

share on:
Heru Sudibyo (kiri) meninjau salah satu kandang sapi program 'Sikomandan' || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Bantul, H Heru Sudibyo SSos MM, menyambut positif sekaligus mencermati program ‘Sikomandan’ (Sapi, Kerbau Komodiras Andalan Dalam Negeri) yang telah digulirkan oleh Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, di Kelompok Ternak Sidodadi Krajan Poncosari Srandakan Bantuk, Senin (5/4/2021).

“Saya akan atensi kepada pelaksanaan program itu. Artinya menyambut positif dan akan terus melakukan pendampingan sesuai dengan kewenangan sebagi dewan agar hasilnya bisa benar-benar bisa dirasakan oleh para petani ternak khususnya dan masyarakat yang ada hubungannya dengan usaha peternakan itu, demikian ungkap Heru Sudibyo, ketika berbincang dengan Yogyapos.com, di Bantul, Selasa (6/4/2021).

Heru menyatakan hingga kini cara berternak sapi di Bantul pada umumnya dan sebagian besar masih tradisional. Dalam bereproduksi (kawin) dengan sendirinya secara manual atau alamiah.

 Akibatnya ada kecenderungan populasi ternak terbatas dan ada kenderungan mengalami pnurunan. Dus keuntungan petani ternak juga terbatas bahkan bisa rugi.

“Sementtara dalam program Sikomandan dinilai bisa menjadi solusi guna meningkatkan produksi ternak karena mempergunakn cara inseminasi buatan (IB). Dengan cara teknologi ini, jarak hamil ternak bisa diatur. Dengan cara ini populasi ternak bisa mengasilkan  keturunan  yang berkualitas,” tambah Heru.

Dia menjelaskan, disamping itu dengan IB bisa mencegah dan meminimalisir penyakit ternak. Selain itu, pejantan juga dapat dipelihara dengan  lebih mudah, maka tidak harus didatangkan dari luar Bantul. Sistem IB juga mengurangi biaya produksi bagi para peternak.

“Karena ini bertujuan untuk memberdayakan petani sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen akan ternak sapi dan kerbau serta kambing, maka diupayakan harus bisa berjalan baik.Artinya harus ditangani secara serius. Saya juga mengawalnya agar bermanfaat bagi peternak,” sambung Heru.

Ini, juga sejalan dengan apa yang diharapkan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto agar perekonomian nasional akbat dampak pandemi Covid-19 bisa segera pulih kembali.

Sementara itu, Kepala DPPKP Bantul, Yus Warseno, mengatakan, pihaknya akan serius untuk melaksanakan ‘Sikomandan’ untuk kemajuan Bantul. (Supardi)

 


share on: