H Sukamto dan Mahmudin Dukung Perkembangan Batik Giriloyo

share on:
Anggota DPR RI dari PKB, H Sukamto SH (kanan) dan Mahmudin || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Keberadaan industri batik di Dusun Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, Bantul mendapat perhatian cukup serius dari Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Sukamto SH dan Anggota Fraksi sama DPRD Bantul, Mahmudin.

Keduanya punya obsesi agar industri batik yang selama ini sanggup menopang kehidupan keluarga perajin maupun perkenomian di wilayahnya itu, bisa menjadi bagian penting dalam sebagai upaya pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

“Batik kita merupaakan salah satu hasil karya warisan budaya yang diakui hingga di mancanegara. Karenanya tetap harus diupayakan selalu bergerak, lagi mulai sekarang setelah cukup lama terdampak pandemi. Kami sangat yakin hal ini mendongkrak perekonomian nasional,” kata Sukamto, di sela mengikuti Kunjungan Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar di Desa Wisata Batik Giriloyo, Wukirsari, Imogiri Kabupaten Bantul, Minggu (23/1).

Harapan seperti ini wajar dan diyakini bisa menjadi kenyataan. Sebab batik sudah dikenal dan disukai konsumen dalam negeri maupun mancanegara. Sentra-sentra pembuatan batik yang junlahnya banyak harus diberikan pendampingan oleh pemerintah.

“Saya selaku anggota DPR RI juga akan mengawal usaha kerajinan batik. Pemerntah juga harus lebih serius dalam memajukan industri batik,” tambah Sukamto. 

Mahmudin juga sependaat bahwa batik merupakan bagian dari industri yang geliatnya mampu memulihkan perekonomian. Tak terkecuali industri batik di Bantul punya peran signifikan, sehingga harus terus didorong pertumbuhannya. 

“Semua orang tahu bahwa Bantul juga banyak terdapat tempat industri batik. Maka ini juga harus ditumbuh kembangkan bersama-sama segenap stakeholder,” ujar Mahmudin. (Spd)

 


share on: