H Bibit Rustamto SH Pimpin Dekopin Bantul Periode 2021-2025

share on:
H Bibit Rustamto SH (kanan) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - H Bibit Rustamto SH akhirnya terpilih sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bantul melalui Musyawarah (Musda) yang berlangsung di Parasamya Pemkab Bantul, Sabtu (19/6/2021). 

Sehari setelah terpilih sebagai ketua melalui proses demokrasi, Bibit yang mantan Lurah Bangunjiwo, Kasihan, Bantul ini  melakukan konsolidasi persiapan langkah-langkah konsolidasi internal. Sehingga diharapkan bisa memuluskan realisasi program kerja.    

“Dalam menahkodai Dekopinda Bantul, program kerja yang segera akan saya lakukan banyak hal. Pertama konsolidasi organisasi kelembagaan sebagaimana Dekopinda merupakan wadah tunggal gerakan koperasi. Kedua penguatan SDM koperasi melalui diklat guna peningkatan pengelolaan usaha pada aspek management dan akuntansi,” ungkap Bibit Rustamto yang juga anggota DPRD dan Ketua Partai Nasdem Bantul kepada yogyapos.com, Minggu (20/6/2021).

Program kerja berikutnya adalah mewujudkan kemitraan dengan sesama gerakan koperasi maupun lembaga usaha lain termasuk juga melakukan studi banding. Di sisi lain juga meningkatkan koordinasi dengan Dinas Koperasi maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta mengupayakan advokasi dan pendampingan kepada gerakan koperasi anggota Dekopinda. Sedangkan program kerja lainnya pengelolaan data base seluruh koperasi anggota Dekopinda, serta yang ke 7 menertibkan administrasi.

“Target saya bahwa Dekopinda sebagai wadah tunggal gerakan koperasi dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan usaha seluruh gerakan koperasi anggota Dekopinda dalam semua bidang,” ungkap Ketua Koperasi Tani Makmur Kasihan Bantul. 

Bagi dia, penting juga gerakan koperasi dalam bermitra dengan Pemkab/Pemda sehingga mampu meningkatkan derajat ekonomi anggota. Dus ikut berperan dalam mengurangi angka kemiskinan.

Musda yang berlansung kondusif ini menetapkan formatur diketuai Bibit Rustamto untuk pembentukan Pengurus Harian Perioe 2021-2025. Ia didampingi Ir Bambang Edy Asmara MEK RH, Sumiharto SE, Sartono MPd, Mursidik, Wajilah dan Harman. Sedangkan rencana pengukuhan pengurus dilaksanakan pada Juli 2021, dengan mengambil momentum peringatan Hari Koperasi 2021. (Supardi)

 

 

 

 


share on: