Gugatan Pengembalian Dana Hibah Rp 11,6 M Ditolak, Idham Segera Ajukan Banding

share on:
Suasana sidang gugatan pengembalian dana hibah Persib dengan agenda pembacaan putusan di PN Bantul, Kamis (15/10/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bantul diketuai Alimin Ribut Sujono SH MH akhirnya menolak gugatan pengembalian dana hibah Persatuan Sepak Bola Bantul (Persiba) sebesar Rp 11,6 miliar yang diajukan HM Idham Samawi terhadap tergugat Bupati Bantul Suharsono, Kamis (15/10/2020).

“Kami menyatakan gugatan penggugat ditolak seluruhnya. Mengabulkan sebagian gugatan rekonvensi,” tegas Alimin Ribut Sujono didampingi anggotanya Koko Riyanto SH dan Dewi Kurniasari SH.

Majelis hakim sebaliknya mengabulkan sebagian gugatan rekonvensi tergugat dan menolak sebagian lainnya yaitu tentang bunga, serta mewajibkan penggugat membayar biaya perkara Rp 846.000.

Dalam pertimbangan putusan disebutkan antara lain, bukti-bukti yang diajukan penggugat lemah. 

Penggugat melalui kuasa hukumnya Bambang Sudiro dan Mustofa menyatakan akan mengajukan upaya hukum banding. Sedangkan kuasa hukum Pemkab Bantul mengapresiasi putusan hakim.

Gugatan ini merupakan buntut dari dugaan korupsi dana hibah Persib oleh penggugat yang ketika itu menjabat Bupati Bantul. Dugaan korupsi itu tidak terbukti menyusul diterbitkannya Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) oleh Kejati DIY.

Di sisi lain penggugat telah menyetorkan uang pengembalian ke kas daerah Pemkab Bantul Rp 11,6 miliar. Dana sebesar itulah yang kemudian dipersoalkan melalui gugatan perdata.

“SP3 yang dikeluarkan Kejati tidak ada kaitannya dengan dana hibah. Bahkan hasil audit BPK menyebutkan kerugian Rp 800 juta, itupun sudah dipertanggung jawabkan oleh Dahono dan Maryani,” tukas Bambang selaku kuasa hukum penggugat.

Bambang juga mempertanyakan, jika uang Rp 11,6 miliar diputuskan sebagai hak Pemkab Bantul, maka berlangsungnya pertandingan-pertandingan Persiba ketika itu menggunakan dana siapa.

“Kami segera banding agar semuanya jelas,” tegasnya. (Supardi/Fadholy)

 

 

  

 


share on: