GKR Mangkubumi Ajak Pengurus Kadin Majukan Perekonomian DIY

share on:
GKR Mangkubumi saat melantik Pengurus Kadin Kota, Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, di Royal Ambarrukmo Hotel, Jalan Adisucipto, Caturtunggal, Sleman, Sabtu (29/5/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (SLEMAN) - Para pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota dan Kabupaten di DIY harus mampu mewajudkan Yogyakarta sebagai wilayah atau tempat yang dikagumi oleh masyarakat seluruh dunia karena kemajuan dan pengembangan di bidang ekonominya.

Imbauan tersebut disampaikan GKR Mangkubumi selaku Ketua Kadin DIY dalam acara pelantikan Pengurus Kadin Kota, Kabupaten Bantul dan Gunungkidul, di Royal Ambarrukmo Hotel, Jalan Adisucipto, Caturtunggal, Sleman, Sabtu (29/5/2021).      

“Untuk mewujudkan harapan itu, bisa melalui berbagai cara satu diantaranya menumbuhkembangkan perekonomian UMKM. Kadin punya tanggung jawab mengenai hal ini,” kata GKR Mangkubumi.

Dikatakan, pandemi Covid-19 mengakibatkan kesulitan bagi para pelaku UMKM. Namun fakta itu yang justru menjadi tantangan yang harus dijawab dan diselesaikan oleh Kadin. Upaya menjawab tantangan dilakukan secara bersama dan sinergistas oleh Kadin Kota dan Kabupaten serta DIY.

Meski Kota dan Kabupaten merupakan wilayah yang strategis untuk UMKM, akan tetapi harus disertai dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai.

“Pertumbuhan ekonomi yang baik merupakan harapan bersama bagi masyarakat, maka harus ada upaya yang keras dan serius oleh siapapun terutama Kadin,” tambah GKR Mangkubumi.

Sementara itu, Bupati Bantul selaku l Penasehat Kadin Bantul 2O20/2925, menyatakan pandemi Covid-19 mengakibatkan sektor industri, perdagangan dan pariwisata di Bantul terhambat dan terpuruk. Namun sektor pertanian di Bantul justru cenderung meningkat.

“Dalam program pembangunan Bantul mengandalkan tiga sektor yaitu pariwisata, industri dan pertanian. Maka ketiga sektor itu akan terus diupayakan agar nantinya bisa lebih baik,” kata Abdul Halim Muslih.

Pada kesempatan sama, Ketua Kadin Bantul terlantik, Ibnu Kadarmanto, ketita diminta tanggapannya terhadap pernyataan KGR

Mangkubumi dan H Abdul Halim Muslih, menyatakan pihaknya akan berupaya keras untuk dapat melaksanakan dan mewujudkannya. (Supardi)

 


share on: