GKR Hemas Lakukan 'Kepyakan' Aset Budaya di Kalurahan Tamanmartani

share on:
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas melakukan kepyakan (meresmikan dan menyerahkan) aset budaya, Kalurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (20/11/2023) sore || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas melakukan kepyakan (meresmikan dan menyerahkan) aset budaya berupa Balai Budaya dan sarana prasarana budaya Kalurahan Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Senin (20/11/2023) sore. Acara kepyakan ini dihadiri Bupati Sleman Kustini dan jajaran pejabat terkait.

BACA JUGA: Pasangan Capres AMIN Peroleh Lagi Dukungan dari Empat Federasi Buruh Tingkat Nasional

Kustini mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah DIY yang telah memfasilitasi pembangunan Balai Budaya Tamanmartani serta bantuan hibah sarana dan prasarana budaya melalui Dana Keistimewaan DIY.

Menurutnya ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah DIY terhadap pelestarian budaya di Kabupaten Sleman, khususnya di Kalurahan Budaya Tamanmartani.

BACA JUGA: Sidang Putusan Kasus Penganiayaan terhadap Anak Ditunda, Tim Pengacara Memaklumi

“Bantuan ini tentunya menjadi motivasi bagi kami dalam upaya pembangunan dan pelestarian kebudayaan,” ucapnya.

GKR Hemas meninjau seluruh sudut Balai Budaya Tamanmartani || YP-Ist

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan DIY, Cahyo Widayat, menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan kalurahan dapat menjadi locus dalam konservasi budaya dan juga agen budaya. 

BACA JUGA: Lomba Presenter HUT ke-86 LKBN Antara Diikuti Mahasiswa dari 117 Perguruan Tinggi

Disamping itu, fasilitasi ini juga ditujukan untuk memberikan stimulan kepada masyarakat untuk melestarikan seni budaya di lingkungannya.

Balai Budaya tersebut terdiri dari bangunan joglo di bagian depan, dan ndalem ageng di bagian belakangnya, serta gandok atau bangunan pendukung di sisi kanan dan kiri ndalem ageng, dan juga pagar. Selain itu, Pemerintah DIY juga menghibahkan seperangkat gamelan perunggu dan baju pengrawit (*/Agn)


share on: