Gerceg-Wincah, Upaya Siapkan Generasi Tanggap dan Tangguh

share on:
Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang, DrsH Asfuri Muhsis MSi

Yogyapos.com (MAGELANG) - Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) adalah Program Prioritas Nasional pemerintah yang dilaksanakan Perpustakaan Nasional hingga ke daerah. Sebuah program untuk lebih mengoptimalkan peran dan fungsi institusi perpustakaan, bukan hanya sebagai penunjang fungsi pendidikan, tetapi sebagai pusat kegiatan dan pemberdayaan masyarakat. Termasuk mempersiapkan generasi muda penerus bangsa melalui kegiatan pembekalan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang, DrsH Asfuri Muhsis MSi, mengatakan kegiatan pembekalan merupakan salah satu implementasi TPBIS dinasnya. Pihaknya bekerjasama dengan instansi terkait menyelenggarakan kegiatan ‘Pembekalan Gerakan Cegah Kawin Bocah’ (Gerceg-Wincah), Selasa-Rabu (27-28 September 2022), di Gedung Perpustakaan Daerah, Jalan Dr Soetomo Nomor 8A, Muntilan, Kabupaten Magelang.

“Pembekalan ini sebagai upaya menyiapkan generasi penerima estafet kepemimpinan bangsa. Kami melibatkan 30 siswa dan guru Bimbingan Karier(BK) dari 7 SMA/MA dan SMK di Kabupaten Magelang sebagai peserta,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Rabu (28/09/2022).

Salah satu sesi kegiatan pembekalan

Ia menyampaikan, tujuan pembekalan adalah memberikan pemahaman dan kesadaran kepada para remaja ketika merencanakan keluarga perlu mempertimbangkan aspek mental dan spiritual. Aspek tersebut untuk menyiapkan generasi tanggap dan tangguh serta teguh menyikapi perkembangan.

“Kami berharap, peserta mampu mem-break down materi pembekalan masuk program kerja OSIS di sekolah. Terutama guru BK, supaya membuat program sosialisasi Gerceg Wincah secara berkelanjutan di lingkungan sekolah atau wilayah kerjanya. Ini menjadi tujuan yang kedua,” jelasnya.

Asfuri menambahkan, tujuan lain kegiatan pembekalanya itu menciptakan generasi literat yang memiliki kemandirian dan solutif terhadap permasalahan-permasalahan dihadapi. Sebelum mengakhiri, taklupa ia mengingatkan kepada masyarakat di wilayahnya agar selalu sukseskan MACAK, Magelang Membaca untuk Kesejahteraan. Tagline Dispuspa Kabupaten Magelang terkait impelementasi program TPBIS. (*/Muf)

 


share on: