Gayeng, Pasar Barter UKM Banguntapan

share on:
Suasana pasar barter Banguntapan, lumayan menggeliatkan perekonomian rakyat || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kacamatan Banguntapan Kabupaten Bantul sejak beberapa minggu terakhir mengadakan pasar barter, di komplek Kantor Camat setempat. Suasana cukup gayeng, warga melakukan transaksi sesuai kesepakatan, mengingatkan pola transaksi di masa lalu barang dengan barang.

“Kami mengadakan pasar barter tujuannya agar UKM yang sempat terpuruk akibat terdampak Covid -19 bisa menggeliat kembali,”  kata Ketua Pasar Barter UKM Banguntapan, Fifin Kurniati, di Bantul, Minggu (11/10/2020).

Pandemi Covid-19 yang menjadikan pelaku UKM terseok dan berat menginspirasi terselenggaranya pasar barter seminggu sekali, setiap Rabu.

Meskipun minat masyarakat untuk berjualan tinggi, namun alasan protokoler kesehatan jumlah pedagannya terpaksa dibatasi maksimal 30 orang.

“Yang menarik bahwa di pasar ini berbagai jenis hasil peoduksi usaha UKM antara lain minuman makanan, kerajinan, hasil pertanian serta konfeksi dipasarkannya. Ini realitanya cukup laku sehingga bermanfaaf untuk membangkitkan UMKM,” kata Fifin.

Menurut Camat Banguntapan, Fauzan Sauqi, pasar ini diadakan berkat adanya komunikasi, sharing dan kerjasama antara Pemerintah Kecamatan dan UKM Banguntapan.

Di pasar ini diberlakukan protokoler kesehatan secara ketat. Rencananya apabila semakin berkembang direncanakan akan di sediakan tempat untuk pasar khusus barter di luar Kompleks Kecamatan. (Supardi)

 


share on: