Festival Kethoprak Sleman Diikuti 17 Grup

share on:
Wakil dari 17 grup kethoprak foto bersama saat pembukaan Festival Ketthoprak 2020 Tingkat Kabupaten Sleman, di Gedung Kesenian Denggung Sleman, Sabtu (5/9/2020) || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, menggelar festival kethoprak yang diikuti grup kethoprak dari 17 kecamatan, di Gedung Kesenian Denggung Sleman, Sabtu (5/9/2020).

Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Sleman, Siswanto mengungkapkan festival yang akan berlangsung hingga 13 September 2020 ini memperebutkan piala, piagam dan uang pembinaan.

“Karena suasana pandemi Covid-19, maka festival kali ini tidak mengundang penonton secara langsung. Melainkan secara daring. Panitia menyiarkannya streaming,” ujarnya.

Dijelaskan, festival ini sangat berambisi menyalurkan kreativitas seniman maupun masyarakat umum untuk terus nguri-uri budaya Indonesia. Kecuali itu juga menumbuhkan minat kepada generasi mudanya agar tidak terkontaminasi budaya manca negara, serta pembinaan terhadap Komunitas Kethoprak Sleman (KKS).

Dan seperti lazimnya festival, maka panitia juga memberikan penghargaan kepada pemain maupun pemeran pembantu terbaik putra maupun putri, penata artistik dan sutradara. “Nanti semua proses festival kami unggah di youtube Disbud Sleman,” katanya. (Agung DP)


share on: