Emi Masruroh Ketua Dekranasda Bantul, Bupati Berpesan Raih Pangsa Pasar Internasional

share on:
Pelantikan pengurus Dekranasda setempat usai pelantikan di Pendapa Parasamya Pemkab Bantul, Sabtu (2/7/2022) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bantul periode 2022/2027 harus mampu memajukan bisnis kerajinan untuk menguatkan perekonomian UMKM.

Imbauan ini disampaikan Bupati Bantul, H Abdul Halim Muslih dalam pelantikan Pengurus Dekranasda Bantul periode 2022/2023 yang diketuai Emi Masruroh, di Pendapa Parasamya Pemkab Bantul, Sabtu (2/7/2022).

“Saya berpesan bahwa lelantikan ini bukan hanya sekedar untuk mentereng menterengan ataupun pemenuhan kelengurusan. Namun harus benar benar mempunyai hasil kerja yang riil dan memuaskan,” tegas Bupati.

Target Dekranasda adalah memanfaatkan peluang dan pangsa pasar kerajinan asal Bantul melaui Unesco Kretif. Ini sesuai dengan realitas Bantul juga telah dinyatakan sebagai salah satu daerah yang kreatif di bidang kerajinan.

Peluang yang yang ada justru merupakan tantangan guna menguatkan perekonomjan UMKM di pasar regional, nasional dan dunia. Sehingga diperlukan keseriusan bersama untuk mencapainya. Adapun yang perlu ditingkatkan meliputi desain, market dan promosi. 

Sementara itu, salah sorang Dewan Pengurus Dekranasda DIY, Tasbir Adullah, saat membacakan sambutan Ketua Dekranasda DIY GKR Hemas, menyaplaikan, kerajinan sangat berpeluang di dunia bisnis tingkat daerah, nasional dan internasional.

“Ini menguntungkan karena bahan baku masih tersedia. SDM ada. Maka market juga harus meningkat pula,” kata Tasbir. (Spd)


share on: