Dugaan Lelang Curang: JGW Wadul ke Kejati, Proses PBJ Tetap Berlanjut

share on:
Direktur Eksekutif JGW, Dadang Iskandar usai menyerahkan berkas pengaduan ke Kejati DIY, Senin (29/6/2020) || YP-Ismet

Yogyapos.com (YOGYA) - Setelah melayangkan surat protes dugaan lelang curang proyek pembangunan tahan II Embung UII dan Sabo Dam OP di Sleman ke sejumlah instansi terkait termasuk Balai pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK),   Jogjakarta Government Watch (JGW) kembali melayangkan surat yang sama.

Kali ini bahkan ditambahkan dua lagi tentang dugaan lelang curang, yakni lelang operasional pemeliharaan Selokan Mataram senilai Rp 710 juta dan pembangunan rehab gedung Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS SO). Surat protes tersebut bukan hanya disampaikan ke BP2JK saja, tetapi juga ke kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY dalam bentuk pengaduan disertai bukti-bukti.

Meski demikian, Kepala BP2JK Yanuar Mulait ST menyatakan pihaknya belum menerima surat kedua dari JGW tersebut. Selain itu juga belum mendapat panggilan dari Kejati. “Saya belum menerima surat dari JGW. Belum ada panggilan juga dari Kejati DIY,” ujarnya, Senin (29/6/2020).

Sementara Direktur Eksekutif JGW Dadang Iskandar berharap Kejati DIY segera memproses pengaduannya. Sebab keempat tender (lelang) itu dalam penentuan pemenangnya dilakukan secara curang. Ada pemenangnya yang merupakan perusahaan yang tidak memenuhi kualifikasi, perusahaan kecil dengan reputasi yang belum teruji khususnya dalam menggarap proyek-proye besar pemerintah. “Kami sudah investigasi, makanya dalam pengaduan ke Kejati telah disertakan juga bukti-bukti indikasi kecurangan itu,” tegasnya.

Sedangkan Yanuar Muanlit dalam konfirmasinya menyatakan masih mengumpulkan data-data dan mengklarifikasi kepada Pokja maupun Tim Peneliti. Hasil klarifikasi itu nantinya akan dilaporkan kepada Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kementerian PUPR sebagai pihak yang berkompeten menangani pengaduan terkait Pengadaan Barang Jasa (PBJ).

Ia juga menegaskan, pengaduan dari JGW tidak menghentikan proses PBJ yang tengah berlangsung. (Met)


share on: