Disnakertrans Bantul Berupaya Perkuat Sinergitas Pekerja dan Perusahaan

share on:
Sarasehan peringati May Day di bantul, Jumat (30/4/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans ) Kabupaten Bantul, berupaya maksimal tumbuhnya sinergitas yang saling menguntungkan antara para tenaga kerja dengan perusahaan. 

“Sebagai upaya untuk memperkasai terwujudnya sinergitas antara perusahaan dan para pekerja, maka akan diselenggrakan  musyarawarah kekeluargaan pekerja dengan perusahaan,” kata Kepala Disnakertran Bantul, Drs Aris Suharyanta di dampingi Sekretaris Dinas, Istirul Widilastuti saat Sarasehan Covid-19  memperingati Mayday (Hari Buruh Dunia) Tahun 202, di Bantul, Jumat (30/4/2021).

Terkait hal ini diselenggarakan kegiatan pencegahan dan penyelesaian perselisilahan hubungan industri mogok kerja. Selain itu jika terjadi penutupan perusahaan di daerah Kabupaten atau Kota, maka bisa dicegah. Para pekerja di Bantul tidak ikut demo buruh dan mengutamakan sinergitas antara perusahaan dan pekerja. Acara sarasehan ini diikuti ratusan perwakilan pekerj. Dibagi dua sesi Sabtu (1/5) Disnakertran Bantul, Sabtu (1/5)

Sementara itu, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, menyatakan dengan adanya Konfederasi Pekerja Indonesia dan  SPSI dapat memudahkan menyelesaikan problem pekerja. Sehingga mampu mensejahterakan para pekerja dan menyehatkan perusahaan.

“Undang Undang Citra Kerja juga untuk mengupayakan agar masa depan pekerja bisa semakin baik. Selain itu juga agar hubungan dan citra kerja yang serasi yang bisa menungkatkan kesejahteraan pekerjaan bisa terwujud,” katanya.

Diungkapkan, Covid-19 mempengaruhi kerja dunia industri. Maka

UU Ciptan Kerja 2020 menjadi payung agar bisa menumbuh kembangkan dunia kerja tentang perlindungan kerja dan kesejateraan para pekerja. Pemkab Bantul juga berupaya melalui beberapa cara termasuk membuat surat edaran tentang pemberian THR di Bantul.

Hubungan senergitas antara pekerja dengan perusahaan dengan Pemkab Bantul selama ini relatif kondusif. Kondisi demikian perlu ditingkatkan lagi demi kemajuan ekonomi secara bersama. (Supardi)

 

 

 


share on: