Dirjen Kebudayaan, Dr Hilmar Farid: Tamanmartani Lakukan Terobosan Kebudayaan

share on:
Dirjen Kebudayaan Dr Hilmar Farid saat memberi sambutan pada deklarasi Tamanmartani sebagai desa pemajuan kebudayaan berbasis teknologi || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Tekad pemerintah dan warga Tamanmartani Kalasan Sleman untuk menjadi desa atau kalurahan pemajuan kebudayaan berbasis teknologi patut diapresiasi. Ini merupakan suatu terobosan yang sangat penting dalam upaya pemajuan kebudayaan yang sudah mulai bergerak dengan adanya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Harapannya ini bisa dilaksanakan di tingkat yang paling bawah yaitu desa.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr Hilmar Farid saat memberi sambutan dalam rangka Deklarasi Tamanmartani sebagai Desa Pemajuan Kebudayaan Berbasis Teknologi Informasi (Desa Pintar) di balai desa setempat, Rabu (28/10/2020) malam. Lebih jauh dipesankan, sejatinya kebudayaan itu berkembang di akar rumput yakni di tingkat desa.

“Bagi kami ini adalah gayung bersambut dengan kebijakan di pemerintah pusat dimana begitu kebijakan pemerintah pusat dikeluarkan, di tingkat desa juga bergerak,” tandasnya.

Dirjen berharap agar di masa datang kerja sama bisa ditingkatkan untuk memajukan kebudayaan desa. “Kami menyambut sangat gembira dan sangat baik atas inisiatif ini,” pujinya.

Sementara itu Assek III Pemkab Sleman, Drs Kunto Riyadi MPPM yang hadir mewakili Bupati menyampaikan bahwa pemerintah merasa senang sekali atas ide digelarnya deklarasi Tamanmartani sebagai desa pemajuan kebudayaan sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017. "Sesuai temanya yang berbasis teknologi, sama dengan visi Kabupaten Sleman, yaitu terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency pada tahun 2021", tandasnya.

Deklarasi tersebut, lanjutnya, mendukung tercapainya visi pemerintah Kabupaten Slemab.

“Kami memberikan apresiasi kepada PT Ambhara Duta Shanti yang bekerja sama dengan pemerintah Kalurahan Tamanmartani menyediakan layanan internet bagi warga,” paparnya.

Menandai deklarasi ditanda tangani kesepakatan kerja sama pembangunan infrastruktur internet di Kalurahan Tamanmartani antara Lurah Joko Susilo SSos dengan bisness development officer PT Ambhara Duta Shanti (ADS) Wahjudi Djaja, SS, MPd. Ruang lingkup kerja sama meliputi penyediaan, pemanfaatan dan pemeliharaan jaringan internet serta penyediaan dan pemanfaatan layanan internet. 

Dalam laporannya (Plt) Lurah Tamanmartani Joko Susilo SSos mengatakan tujuan diselenggarakannya deklarasi adalah untuk mengangkat dan mengelola potensi Kalurahan Tamanmartani sebagai destinasi wisata andalan.

“Dengan adanya kelembagaan budaya menjadi harapan untuk meningkatkan pemahaman warga. Kebudayaan menjadi pegangan hidup masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

 

Hadir dalam deklarasi antara lain Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta Dra Dwi Ratna Nurhajarini MHum, Kepala Dinas Kebudayaan Sleman Aji Wulantara SH MHum, Badan Promosi Pariwisata Sleman, para anggota DPRD. Deklarasi dipimpin (Plt) Lurah Tamanmartani Joko Susilo dilanjutkan dengan pentas potensi seni baik secara langsung maupun rekaman. (Iud)

 


share on: