Dinkes Bantul Peroleh Penghargaan Manajemen Mutu

share on:

Yogyapos.com (BANTUL) - Setelah melalui audit secara seksama oleh Tim Auditor dari lembaga yang berwenang yaitu NQA, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul memeroleh penghargaan standar manajemen mutu ISO 9001:2015, Selasa (22/11/2022).

Peyerahan sertifikat ISO kali ini dilakukan oleh Tim Editor dari NQA Hengky Jatmico kepada Kepala Dinkes Bantul dr Agus Budhiraharjo dan disaksikan oleh Bupati H. Abdul Halim Muslim, diikuti para pimpinan dan Kepala Puskesmas.

Dalam pemaparan dan evaluasi, Tim Auditor Hengky Jatmico dan Rohayah, mengungkapkan secara umum dalam audit kali ini terdapat 10 observasi . Dari sejumkah itu sembilan plus dan satu minor. Maka disimpulkan Dinas Kesehatan lolos dan berhasil memperoleh ISO 9001:2015.

“Yang perlu dilakukan oleh Dinkes Bantul dalam memberikan pelayanan adalah antisipasi kemungkinan adanya gangguan sarana layanan. Misal listrik mati saat membutuhkan listrik untuk layanan kesehatan. Yang perlu diwaspada pula adanya masih adanya gizi buruk. Selain itu perlu peningkatan edukasi agar masyarakat waspada kejadian luar bisa (KLB) terkait kesehatan,” kata Hengky.

Kadinkes Bantul, Agus Budhiraharjo, menyatakan selaman ini telah berupaya memberikan pelayanan kepada masayarakat secara baik.Diperolehnya ISO 9001:2015 ini merupakan prestasi sekaligus evaluasi dan motivasi untuk peningkatan kesehatan yang lebih baik.

Bupati Abdul Halim Muslih menyambut positif dan apresiasi diperolehnya manajemn ISO ini. 

“Segala sesuatu memerlukan manajemen yang baik. Bukan hanya instansi namun hatipun memerlukan manajemen. Ini tentunya arahnya untuk perbaikan di masa datang,” katanya.

Manajemen yang baik meliputi unsur hukum dan politik melalui prosedur dan untuk kesejahteraan masyarakat yang sebenarnya. Kesemuanya dalam artian untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan bagi masyarakat oleh lembaga kesehatan. (Spd)

 


share on: