Dekopinda Bantul Gelar Musda, Bupati Harapkan Program-program Inovatif

share on:
Bupati Abdul Halim Muslih dalam pembukaan Musda Dekopinda Bantul, Sabtu (19/6/2021) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Bantul berupaya menguatkan perekonomian masyarakat. Komitmen ini dimanifeatsikan dalam bentuk bekerjasama dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui program yang lebih baik sesuai tuntutan yang ada.

“Dekopinda Bantul sampai saat ini tetap solid bersatu padu meneguhkan komitmentnya untuk turut serta berkontribusi dalam proses pembangunan memajukan perekonomiam Kabupaten ini,” ungkap Plt Dekopinda Bantul, Bibit Rustamto, dalam sambutanya pada Pembukaan Misyawarah Daerah (Musda) Dekopinda Bantul, di Parasamya Bantul, Sabtu (19/6/2021).

pribadi.     

Musda kali ini sangat berhasrat menghasilkan program kerja yang semakin terfokus agar sanggup meningkatkan kontribusi bagi masyarakat dan Pemkab. Karenanya dilakukan pula penguatan organisasi dan kepengurusan

Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekonpinwil) DIY, Syahbenol Hasibuan, dalam sambutannya menyatakan merasa senang dan bersyukur atas kehadiran Bupati Bantul yang sekaligus berkenan membuka Musda.

“Ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Pemkab Bantul terhadap keberadaan koperasi dan berharap sinergitas yang sudah ada selama ini antara Dekopinda Bantul dengan Pemerintah Kabupaten Bantul  kedepan akan semakin ditingkatkan,” kata Syahbenol.

Dikataka, salah satu bentuk semangat Dekopinda Bantul dalam bidang perkoperasian adalah mencetuskan dan mempelopori upacara memperingati Hari Koperasi.

Buapti Bantul Drs H Abdul Halim Muslih menyatakan, pihaknya menyambut baik atas pelaksanaan Musda Dekopinda Bantul. “Kami berharap koperasi di Bantul akan semakin maju dan berkembang dan mampu melakukan inovasi inovasinya untuk mensejahterakan anggotanya dan sanggup ikut mengatasi permasalahan di masyarakat yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19,” harap Abdul Halim.

Bupati juga meminta kepada Dekopinda dan seluruh Koperasi di Bantul agar selalu kompak menjaga soliditas dan kebersamaan sehingga akan mempunyai energi positif untuk bergegas bergerak menghasilkan inovasi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan keadaan.

“Koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa harus melakukan inovasi karena kunci era saat ini adalah inovasi. Banyak koperasi yang maju dan berkembang karena inovasinya terbukti dapat memajukan dan mensejahterakan anggotanya,” katanya.

Bupati lebih lanjut mengatakan, Pemkab Bantul terus berkomitmen agar Dekopinda Bantul sebagai wadahya koperasi bisa melakukan pembinaan pembinaan koperasi. Pemerintah daerah mempunyai kepentingan yang sangat besar atas keberadaan dekopinda. Dekopinda bisa ngenteng entengi pemerintah kabupaten bantul dalam pembinaan  

Dekopinda adalah mitra strategis bagi pemerintah daerah dalam menata, membina, mengarahkan, membimbing serta mengawal agar gerakan koperasi di Kabupaten Bantul semakin maju dan berkembang. Karenanyai diharapkan kedepan berbagai program sinergi dan kolaborasi antara dekopinda dan pemerintah daerah akan terus dapat ditingkatkan.  .

“Maka kepada calon ketua terpilih dan semua pengurus, saya berpesan untuk senantiasa update perkembangan yang ada khususnya dari sisi perkembangan teknologi informasi dan juga memiliki gagasan-gagasan segar dan inovatif serta kreatif untuk memajukan koperasi wilayah kerjanya,” tambah Andul Halim.

Sementera itu, Ketua Panitia Musda ini, Sumiharto, melaporkan jumlah koperasi di Bantul ada sekitar 172 yang jadi anggota Dekopinda 126, yang masih aktif progresif sebanyak 80.

Dengan adanya pengurus periode 2021-2025 hasil Musda ini diharapkan kopresi di Bantul bisa semakin maju dan kuat.

Hadir dalam kesempatan ini Dewan Pakarn Dekopikd, Yahya dan Kepala Dinas Peindustrisn dan UMK Bantul Sulistiyana. Dekopinda Bantul sejak lama sudah mempunyai kantor sendiri. Hanya saja status tanahnya masih masih atas nama perorangan, ke depan diharapkan segera dilakukan alih kepemilikan atas nama Dekopinda. (Supardi)


share on: