Bupati Suharsono Kagum Hasil Teknologi Tepat Guna Warga dari 17 Kecamatan

share on:
Bupati Bantul Drs H Suharsono saat mengunjungi Gelar Teknologi Tepat Guna, Senin (21/12/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Bupati Bantul Drs H Suharsono menyatakan terkejut dan mengagumi berbagai karya teknologi tepat guna yang diciptakan oleh warga masyarakatnya. Pihaknya berharap agar karya kreatif tersebut berguna untuk kemajuan Bantul dan laku dipasarkan di luar wilayah ini.

“Karya teknologi tepat guna dari 17 Kecamatan di Bantul, bagi saya itu sebuah prestasi warga dalam rangka berinovasi untuk kemajuan usaha mereka,” kata Bupati Bantul, Suharsono, saat meninjau Gelar Teknologi Tepat Guna Kabupaten Bantul 2020, Senin (21/12/2020).

Menurut dia, berbagai alat ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyararakat dan terus dikembangkan sehingga bisa berdaya guna dan diperjual belikan untuk umum. Dengan demikian memberikan kemanjan Bantul khususnya dan luar kabupaten ini umumnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Bantul, Sri Nuryanti yang juga selaku Ketua Panitia Penyelenggara event ini, menyatakan, gelar tehnologi tepat guna Kabupaten Bantul Tahun 2020 ini diikuti oleh 17 Kapanewon (Kecamatan).

“Acara ini untuk memberikan informasi, edukasi, komunikasi dan promosi kepada.masyarakat terkait berbagai karya tehnologi hasil kreasi warga Bantul,” ungkap Sri Nuryanti.

Selain itu, event ini juga bertujuan sesuai dengan temanya ‘Ciptakan Teknologi Ramah Lingkungan yang Dibutuhkan oleh Masyarakat Desa dalam Upaya Mengolah Potensi Sumber Daya Alam yang Ada di Setiap Wilayah’

Dalam event hasil kerjasama antara DPPKBPMD Bantul dengan UGM Yogyakarta kali ini juga sekaligus dilakukan penilaian. Juara satu hingga tiga akan memperoleh uang pembinaan dari DPPKBPMD Bantul .

Berbagai alat teknologi yang dipamerkan diantaranya berupa alat perangkap serangga, penggiling/perimpil jagung, penghitung bibit ikan, pembuat es cream dan alat cuci tangan digital. (Supardi)

 


share on: