Bumdes 'Bangun Sejahtera' Ikut Jadi Penyangga Perekonomian Desa

share on:
Lurah Banguntapan, Basirudin || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Upaya mengembangkan perekonomian terus dilakukan oleh sejumlah pemerintahan desa (Pemdes) di Bantul. Tak terkecuali Pemdes Banguntapan Bantul, di saat pandemi Covid-19 bertekad memajukan perekonomian warga melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang telah ada.

“Sejak beberapa waktu lalu Banguntapan sudah punya Bumdes bernama Bangun Sejahtera. Usaha yang dikelola setidaknya ada tiga yaitu foto copy, cathering dan pemasaran hasil UMK setempat,” kata Lurah Banguntapan Basirudin alias Djarot didampingi Sumiarsih selaku pengelola Bumdes , kepada yogyapos.com, Rabu (25/11/2020).

Basirudin menyadari bahwa mengelola dan mengembangkan Bumdes tidaklah mudah. Banyak faktor kendala yang menyertainya. Meski demikian ia tetap berupaya memajukannya dengan sistem dan mekanisme secara baik secara bersama-sama dari para pengurusnya.

Alhasil Bumdes ‘Bangun Sejahtera’ sanggup berjalan sampai sekarang. Bahkan kian populer di masyarakat karena menyediakan sebagian kebutuhan mereka. Prospeknya pun cukup menjanjikan menjadi bagian dari sumber pendapatan desa. 

“Setidaknya kini ada belasan jenis produk ataupun hasil karya UKM wilayah juga bisa dipromosikan dan dipasarkan di Bumdes yang berada di komplek Balai Desa Banguntapan,” katanya.

Diantaranya, kata Basirudin, produk itu berupa berbagai jamu, sirup alami dan kerajinan.Barang-barang ini justru relatif diminati konsumen dari luar Yogya karena kekhasannya.

Untuk mengupayakan kemajuan Bumdes ini, nantinya dari waktu ke waktu direncanakan akan melibatkan generasi muda yang mempunyai skil. Di Banguntapan cukup banyak terdapat pemuda dan pemudi yang memiliki skil di bidang bisnis. (Supardi)

 


share on: